{{ message }}

Ridho: Media Berpengaruh Besar terhadap Pembangunan

Kamis, 11 Oktober 2018 - 02:06:05 AM | 523 | Politik

Ridho: Media Berpengaruh Besar terhadap Pembangunan
M Ridho Ficardo dan Nizwar. (inilampung.com/ist).

INILAMPUNG.COM - Pada era saat ini atau disebut dengan zaman now, informasi menyebar sangat cepat. Namun, wartawan harus tetap menjaga kualitas karya jurnalistiknya.

Hal itu ditegaskan Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat meresmikan renovasi Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad atau Gedung PWI Lampung di Jalan Ahmad Yani Bandarlampung pada Rabu, 10 Oktober 2018.

"Wartawan dituntut kecepatan. Namun, harus tetap menjaga kualitas dan kebenaran informasi yang diberitakan kepada masyarakat," tegasnya.

Peringatan itu disampaikan Ridho berkaitan dengan pentingnya peran media dalam mempengaruhi opini di masyarakat. Positif atau negatif yang diberitakan media, akan berdampak terhadap ekonomi maupun pembangunan.

Jika media terus menerus memuat informasi negatif, akan membuat investor takut menanamkan modalnya. Dampak selanjutnya, berpengaruh terhadap pembangunan, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Padahal media juga lembaga bisnis yang berorientasi pada perolehan keuntungan yang akan turut berkembang baik jika perekonoiman maju dan masyarakatnya sejahtera.

"Kalau masyarakat makan saja sulit, beli susu untuk anaknya juga susah, bagaimana mereka mau membeli koran atau membeli kuota untuk mengakses media online?" ujar Ridho.

Karena itu, Gubernur Lampung mengajak wartawan untuk bersama-sama membangun daerah dengan menginformasikan yang positif dan kemajuan daerah agar investor tertarik menanamkan modalnya.

BACA JUGA: 10 Oktober, Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad Diresmikan

Atas dasar pentingnya peran media itu, kata Ridho, Pemerintah Provinsi Lampung turut berkomitmen terhadap usaha yang dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam meningkatkan kualitas anggotanya.

Komitmen itu yang mendorong Pemprov Lampung membantu merenovasi Gedung PWI Lampung atau Balai Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad dari dua lantai menjadi tiga lantai.

Ridho mengharapkan, Balai Wartawan yang diresmikan itu, dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh PWI Lampung untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme anggotanya.

Sementara itu Ketua PWI Atal S. Depari menyatakan bersyukur kepada Allah SWT karena telah meridhoi pembangunan Balai Wartawan PWI Lampung.

Menurut Atal, ini merupakan catatat sejarah. Tidak banyak kepala daerah yang mau merangkul dan menggap insan pers sebagai rekan pemerintah daerah.

"Saya berterima kasih kepada pak Gubernur M. Ridho Ficardo atas perhatiannya yang luar biasa kepada profesi wartawan dengan merenovasi balai wartawan PWI Lampung," katanya.

Pada peresmian itu, Ridho menandatangani prasaksi Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad. Disaksikan Ketua Umum PWI Atal S Depari, Plt Ketua PWI Lampung Nizwar, serta sejumlah pejabat dan para pemimpin media di daerah ini. (red/inilampung.com).





BERITA LAINNYA

Terpopuler