{{ message }}

Pemain Mata Uang Digital Masuk Daftar Orang Terkaya China

Kamis, 11 Oktober 2018 - 10:15:33 AM | 424 | Bisnis

Pemain Mata Uang Digital Masuk Daftar Orang Terkaya China
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Pemain mata uang digital (kriptokurensi) berhasil masuk ke daftar orang terkaya di China untuk pertama kalinya. Padahal, bisnis itu sedang menghadapi kemerosotan harga dan tindakan keras pemerintah terhadap perdagangan aset-asetnya.

Setidaknya ada 13 pengusaha kripto dengan bisnis berkisar dari penambangan bitcoin dan perdagangan mata uang virtual untuk pendanaan modal ventura.

Sekarang mereka menjadi individu terkaya di negeri ini, menurut peringkat terakhir yang disusun dalam Laporan Hurun tahunan. Mereka yang ada di daftar memiliki kekayaan bersih pribadi setidaknya Rp3 triliun lebih.


Micree Zhan Ketuan, co-founder Bitmain Technologies berusia 39 tahun, satu-satunya di antara rekan-rekan di industrinya memasuki peringkat 100 orang terkaya di China, dengan kekayaan diperkirakan Rp62 triliun.

Co-founder Bitmain Wu Jihan berusia 32 tahun adalah taipan kripto peringkat tertinggi berikutnya di posisi 204, dengan kekayaan pribadi Rp35 triliun.

Bitmain berbasis di Beijing, pemasok terbesar disebut rig pertambangan kriptokurensi bersama saingannya, Canaan Creative dan Ebang International Holdings masing-masing mengajukan permohonan go public di Hong Kong. Itu akan menempatkan bos rahasia mereka di bawah pengawasan publik untuk pertama kalinya.

Sebanyak sembilan orang dari tiga perusahaan berhasil masuk daftar Hurun, termasuk pendiri Canaan Zhang Nangeng dan pendiri Ebang Hu Dong.

Para pemimpin bursa kriptokurensi top dunia juga ditampilkan dalam daftar. Zhao Changpeng (41) pendiri Binance, pertukaran mata uang digital terbesar di dunia dengan volume perdagangan, adalah mogul industri peringkat ketiga tertinggi di tempat 230, dengan kekayaan diperkirakan Rp32 triliun lebih. Diikuti pendiri Star Xu dari OKCoin dan Li Lin dari Huobi.

Guru bahasa Inggris yang berubah menjadi konglomerat, Li Xiaolai sering digambarkan miliarder bitcoin terkaya di China, terdaftar dengan perkiraan kekayaan Rp15 triliun di tempat 556 dalam laporan Hurun. (aja/inilampung.com)



Terpopuler