{{ message }}

NATO Gelar Latihan Perang Terbesar, Libatkan 50 Ribu Tentara

Kamis, 25 Oktober 2018 - 11:34:57 AM | 177 | Internasional

NATO Gelar Latihan Perang Terbesar, Libatkan 50 Ribu Tentara
Persiapan latihan peran NATO (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengadakan latihan militer terbesar sejak akhir Perang Dingin hampir tiga dekade lalu. Trident Juncture 18, nama latihan tersebut akan menguji serangan militer tiruan di Norwegia.

Selama dua minggu, latihan membentang dari Laut Baltik ke Islandia, beberapa latihan terjadi di dekat Rusia, yang mengadakan latihan militer terbesar bulan lalu.

NATO menggelar latihan perang di tengah ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Barat. Para pemimpin Barat khawatir keterlibatan Rusia di Ukraina, dan aneksasi Crimea pada awal tahun.

Sejak itu, ketegangan NATO dan Rusia meningkat, di tengah tambahan alarm di dukungan Moskow untuk pemerintah Suriah dalam perang sipil negara itu, dan dugaan gangguan dalam pemilihan Barat.

“Dalam beberapa tahun terakhir, lingkungan keamanan Eropa memburuk signifikan. NATO menanggapi dengan adaptasi terbesar pertahanan kolektif sejak akhir Perang Dingin. Trident Juncture menunjukkan adaptasi itu, ”kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, dikutip Kamis (25/10/2018).

Sekitar 50 ribu personel, 250 pesawat, 65 kapal dan 10 ribu kendaraan darat diturunkan di Norwegia dan daerah sekitarnya sebagai bagian latihan Trident Juncture. Pasukan militer dari 31 negara, mewakili 29 anggota NATO serta Finlandia dan Swedia.

Latihan darat di Norwegia tengah, operasi maritim di Atlantik Utara dan Laut Baltik, dan latihan udara di wilayah udara di atas Norwegia, Swedia dan Finlandia. (aja/inilampung.com)




BERITA LAINNYA

Terpopuler