{{ message }}

Bisa Terangi Satu Kota, China Akan Luncurkan Bulan Buatan

Jum'at, 19 Oktober 2018 - 11:32:28 AM | 241 | Internasional

Bisa Terangi Satu Kota, China Akan Luncurkan Bulan Buatan
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Langit malam mungkin tidak akan gelap lagi dan selalu diterangi bulan. Ilmuwan China berencana meluncurkan bulan buatan ke orbit pada tahun 2020 untuk menerangi jalan-jalan kota yang gelap.

Para ilmuwan berharap bisa menggantung bulan buatan di atas kota Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan barat daya China, menurut laporan di media pemerintah Cina. Bulan buatan itu pada dasarnya satelit yang diterangi, akan memantulkan lapisan reflektif untuk menyinari kembali sinar matahari ke Bumi.

Para ilmuwan memerkirakan itu bisa delapan kali lebih bercahaya daripada bulan sebenarnya. Juga akan mengorbit lebih dekat ke Bumi, sekitar 500 km jauhnya, dibandingkan bulan asli yang berjarak 380.000 km.

Tapi, rencana itu tidak akan menerangi seluruh langit malam. Wu Chunfeng, kepala Sains Area Baru, dilansir dari China Daily, Jumat (19/10/2018), mengatakan, sinar terang yang diharapkan manusia sekitar seperlima dari lampu jalan normal.

Wu memerkirakan bulan baru dapat menghemat pengeluaran kota Chengdu sekitar 173 juta dolar AS untuk biaya listrik tiap tahun. Bahkan dapat membantu selama pemadaman listrik dan bencana alam. Jika proyek terbukti sukses, bisa digabungkan dengan tiga tambahan ke langit malam pada tahun 2022.

Wu memastikan rencana tersebut dapat diwujudkan dan tidak akan berefek merugikan terhadap lingkungan.

"Kami akan melakukan pengujian di padang pasir tidak berpenghuni, sehingga balok cahaya tidak akan mengganggu orang atau peralatan pengamatan ruang angkasa yang berbasis di Bumi," katanya. (aja/inilampung.com)




BERITA LAINNYA

Terpopuler