{{ message }}

Astronom Temukan Bulan Mengorbit di Sebuah Planet Raksasa

Senin, 8 Oktober 2018 - 10:00:47 AM | 415 | Pendidikan

Astronom Temukan Bulan Mengorbit di Sebuah Planet Raksasa
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Astronom mengklaim telah menemukan bukti kuat pertama ada bulan di luar Tata Surya kita. Bulan tersebut mengorbit di sebuah planet raksasa berjarak lebih dari 8.000 tahun cahaya dari Bumi.

Dikutip dari jurnal Science Advances, Senin (8/10/2018), temuan berdasarkan analisis data teleskop ruang angkasa Kepler dan Hubble. Para peneliti percaya apa yang disebut eksomoon seukuran Neptunus, dan mengorbit planet seukuran Jupiter.

Selama 30 tahun terakhir, para astronom menemukan lebih dari 3.500 planet luar angkasa, planet-planet yang mengorbit bintang selain Matahari. Tapi, ini adalah bukti pertama dari sebuah eksomoon.


Kedua peneliti Universitas Columbia di New York, AS, memeriksa data pada 284 planet di luar Tata Surya kita dan hanya satu dari mereka, Kepler-1625b, menunjukkan bukti mungkin menjadi tuan rumah bulan.

Peneliti Alex Teachey dan rekannya, Profesor David Kipping mengamati Kepler-1625b ketika sedang transit, lewat di depan bintang induknya, Kepler-1625.

"Kami telah mencoba sebaik mungkin mengesampingkan kemungkinan lain seperti anomali pesawat angkasa, planet lain dalam sistem atau aktivitas bintang. Tapi, kami tidak dapat menemukan hipotesis tunggal lainnya yang dapat menjelaskan semua data yang kami miliki," katanya. (aja/inilampung.com)



Terpopuler