{{ message }}

Perairan Barat Lampung Berpotensi Gelombang Tinggi

Rabu, 12 September 2018 - 02:07:50 AM | 1955 | Travelling

Perairan Barat Lampung Berpotensi Gelombang Tinggi
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Perairan barat Lampung dan Selat Sunda bagian selatan hingga tanggal 14 September 2018, diprakirakan gelombang tinggi dengan ketinggian 2,5 sampai 4 meter. Masyarakat dan nelayan diimbau mewaspadainya, terutama jika perahu nelayan menghadapi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Pola angin timuran mencapai 37 km/jam di perairan Pulau Enggano hingga barat Lampung, dan kecepatan mencapai 45 meter km/jam perairan Banten hingga Jawa Barat.

Siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dikutip Rabu (12/9/2018), mengatakan, kapal tongkang diimbau mewaspadai kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kapal feri memperhatikan kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, kapal ukuran besar seperti kargo/pesiar perhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.

Gelombang dengan ketinggian 2,5-4 meter dengan kategori berbahaya, berpeluang terjadi juga di selat Bali hingga Lombok, Samudera Hindia Selatan Jawa hingga NTT, dan perairan Pulau Enggamo-Bengkulu.

Gelombang laut 1,25-2,50 meter dengan kategori waspada berpeluang terjadi di Selat Malaka, perairan utara dan barat Sabang hingga barat Aceh, Laut Sawu, perairan selatan Flores, selat Karimata, laut Jawa, laut Maluku, perairan selatan Sulawesi Utara hingga perairan utara Papua Barat hingga Papua. (aja/inilampung.com)



Terpopuler