{{ message }}

Pemprov Lampung Masih Gaji 26 PNS Terpidana Korupsi

Jum'at, 14 September 2018 - 10:42:18 AM | 548 | Hukum

Pemprov Lampung Masih Gaji 26 PNS Terpidana Korupsi
Kantor Pemprov Lampung (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Pemerintah Provinsi Lampung menempati urutan ketiga nasional masih memperkerjakan pegawai negeri sipil (PNS) berstatus terpidana korupsi. Sebanyak 26 PNS di Lampung juga masih menerima gaji meski status hukumnya sudah inkracht berdasarkan keputusan pengadilan.

Provinsi terbanyak mempekerjakan PNS terpidana korupsi adalah DKI Jakarta sebanyak 52 orang, disusul Sumatera Utara 33 orang.

Data dikutip dari laman Setkab, Jumat (14/9/2018), berdasarkan dada Badan Kepegawaian Negara (BKN) 2.357 PNS berstatus terpidana korupsi masih bekerja di pemerintahan.

Menurut Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN I Nyoman Karsa, rinciannya 1.917 PNS bekerja di pemerintah kabupaten/kota, 342 bekerja di pemerintah provinsi, dan 98 PNS di kementerian/lembaga pusat.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran kepada bupati/wali kota seluruh Indonesia. Isinya mendesak kepala daerah segera memecat tidak hormat PNS yang masih bekerja tersebut.

Surat Edaran (SE) Nomor 180/6867/SJ tentang Penegakan Hukum Terhadap Aparatur Sipil Negara Yang Melakukan Tindak Pidana Korupsi. Dikeluarkan 10 September 2018.

Mendagri mengatakan, tindak pidana korupsi merupakan extra ordinary crime, sehingga pemberantasannya harus luar biasa dan sanksi tegas bagi pelakunya.

"Kepada para bupati/wali kota di seluruh Indonesia untuk segera memberhentikan dengan tidak hormat Aparatur Sipil Negara yang melakukan tindak pidana korupsi dan telah mendapatkan putusan pengadilan negeri berkekuatan hukum tetap (inkracht) sesuai ketentuan peraturan yang berlaku," kata Tjahjo. (aja/inilampung.com)

 




BERITA LAINNYA

Terpopuler