{{ message }}

Badai Dahsyat Mangkhut Ancam 43 Juta Orang

Jum'at, 14 September 2018 - 02:03:37 AM | 748 | Travelling

Badai Dahsyat Mangkhut Ancam 43 Juta Orang
Badai Mangkhut di Guam

INILAMPUNG.COM - Badai sangat berbahaya diprediksi akan merobek Hong Kong dan Filipina, dan 43 juta orang terancam karenanya. Badai Mangkhut setara dengan badai tropis Kategori 5. Memiliki kecepatan angin maksimum 205 km/jam, dan hembusan hingga 285 kilometer per jam.

"Ini lebih kuat daripada Topan Florence yang bersamaan meluncur ke AS," kata ahli iklim tropis Greg Browning, dilansir news.com.au, Jumat (14/9/2018).

Browning menambahkan, badai sangat berbahaya karena sangat besar dengan angin kuat dan gelombang badai potensial di kejauhan. Dampak ditimbulkannya hujan deras dan berpotensi menyebabkan kerusakan luas.

Browning mengatakan, Topan Mangkhut adalah badai paling kuat yang ada di Bumi tahun ini, tapi diperkirakan tidak sampai mencapai seperti tahun 1946. Kala itu Badai Haiyan menewaskan lebih dari 6.000 orang ketika menghantam Filipina dengan kecepatan angin maksimum 230 km/jam.

Pada hari Jumat (14/9), Topan Mangkhut berada di Pasifik, sekitar 450 km dari Filipina, diperkirakan mendarat di pulau terbesar di negara itu, Luzon hari Sabtu.

Pusat Peringatan Topan Bersama di Hawaii mengkategorikan badai ini, sebagai badai super.

Global Disaster Alert and co-ordination System (GDACS) mengatakan, sebanyak 43 juta orang dapat terpapar angin kencang Mangkhut. Lebih dari empat juta Filippina dilaporkan berisiko terkena dampak yang dapat merendam daerah sejauh selatan ibukota pulau negara itu, Manila.

Browning mengatakan, topan super itu kemungkinan terus melaju ke barat ke Hong Kong dan China selatan, membahayakan jutaan jiwa lagi, pada hari Minggu. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler