{{ message }}

Teleskop Tangkap Sinyal Radio Misterius dari Luar Galaksi Bima Sakti

Selasa, 7 Agustus 2018 - 12:08:50 PM | 706 | Pendidikan

Teleskop Tangkap Sinyal Radio Misterius dari Luar Galaksi Bima Sakti
Teleskop di Kanada (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Sinyal radio misterius tertangkap teleskop di Kanada, dan disebut salah satu frekuensi terendah hingga saat ini. Rincian sinyal itu diposting ke The Telegram Astronomer, sebuah situs web di mana astronom terakreditasi dapat memberikan komentar pengamatannya.

Pengamatan yang diposting minggu lalu oleh Patrick Boyle dari McGill University, Kanada menemukan teleskop radio disebut Canadian Hydrogen Mapping Intensity Experiment (CHIME) menemukan ledakan radio cepat, yang merupakan semburan pendek gelombang radio datang dari luar Galaksi Bimasakti.

FRB terdeteksi pada frekuensi serendah 580 megahertz, deteksi frekuensi terendah hingga saat ini.


Dikutip dari USA Today, Selasa (7/8/2018), Science Alert melaporkan deteksi tersebut belum diverifikasi secara independen, mencatat kasus peneliti Australia yang menemukan sinyal radio pada tahun 1998 hanya untuk mencari tahu 17 tahun kemudian itu dari microwave.

Sementara itu, ahli astronomi lainnya mengajukan pengamatan kepada Telegram yang mengklaim telah menemukan bintang sangat terang. Itu sebenarnya Mars.

Semburan radio cepat pertama kali ditemukan tahun 2007, tapi asal-usulnya masih belum diketahui. Awal tahun ini, para astronom mengklaim mereka sudah dekat untuk menentukan sumber semburan ini. Namun, mereka tidak bisa mengesampingkan kemungkinan sinyal bertenaga tinggi dari peradaban alien maju. (aja/inilampung.com)

 



Terpopuler