{{ message }}

Keindahan Hujan Meteor Perseid Terlihat Mulai 12 Agustus

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 01:34:38 AM | 258 | Pendidikan

Keindahan Hujan Meteor Perseid Terlihat Mulai 12 Agustus

 

INILAMPUNG.COM - Hujan meteor Perseid akan melewati seluruh dunia, menerangi langit dengan pemandangan menakjubkan. Pemandangan nanti lebih terang dari sebelumnya, karena bulan baru berarti bintang jatuh itu akan terlihat jelas bagi yang ingin melihatnya.

Hujan meteor Perseid, salah satu titik tinggi dalam kalender selestial, terjadi tiap tahun saat Bumi melalui puing-puing yang ditinggalkan Comet Swift-Tuttle. Partikel-partikel, mulai ukuran butiran pasir hingga kacang polong, menghantam atmosfer Bumi dengan kecepatan 60 km per detik, tapi mereka terbakar dan melesat di angkasa.

Setelah kegelapan jatuh pada tanggal 12 Agustus, para pengamat langit dapat berharap melihat salah satu bintang jatuh tiap beberapa menit. Perseids mencapai puncaknya pada jam-jam awal tanggal 13 Agustus ketika hingga 70 per jam harus terlihat.


"Tidak seperti banyak peristiwa selestial, hujan meteor mudah ditonton dan tak ada peralatan khusus dibutuhkan, meskipun sambil berbaring akan terlihat lebih nyaman," kata Dr Robert Massey dari Royal Astronomical Society, "

Untuk membuat yang terbaik dari meteor, pengamat harus menghindari area yang dibangun dan mencoba menemukan pandangan yang tidak terhalang ke timur.

Bintang jatuh itu akan muncul dari satu titik, atau "bercahaya", terletak di konstelasi Perseus, yang naik lebih tinggi saat malam berlangsung.

Jumlah meteor lebih besar terlihat ketika pancaran tinggi. Tapi meteor yang paling spektakuler tahan lama, dikenal "Earthgrazers", dapat dilihat ketika pancaran sinar masih rendah di atas cakrawala.

Pengamat beruntung dapat melihat sesekali meteor berlayar melintasi langit selama beberapa detik, meninggalkan jejak asap bercahaya. (aja/inilampung.com)



Terpopuler