{{ message }}

Di Planet Ini Diperkirakan Ada Kehidupan

Kamis, 2 Agustus 2018 - 10:13:42 AM | 267 | Pendidikan

Di Planet Ini Diperkirakan Ada Kehidupan
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Para ilmuwan telah mengidentifikasi satu planet yang diperkirakan kehidupan bisa dimulai di tempat itu persis seperti yang terjadi di Bumi. Para peneliti Cambridge University menemukan peluang ada kehidupan karena jenis dan kekuatan cahaya di planet itu yang diterima dari bintang mereka.

Diterbitkan dalam jurnal Science Advances, penelitian menunjukkan jika sebuah bintang mengeluarkan cukup cahaya, bisa memulai kehidupannya sendiri. Sinar ultarviolet (UV) tampaknya menghasilkan serangkaian reaksi kimia yang penting bagi awal kehidupan.

Dan ada berbagai planet yang hanya memiliki jumlah sinar UV, kata para peneliti. Banyak dari mereka tidak hanya memiliki jenis cahaya tepat, juga suhu tepat untuk memastikan memiliki air cair di permukaannya. Jika digabungkan, planet-planet itu bisa menawarkan tempat penting untuk mencari kehidupan asing.


“Pekerjaan ini memungkinkan kami mempersempit tempat terbaik mencari kehidupan. Ini membawa kita lebih dekat menjawab pertanyaan apakah kita sendirian di alam semesta,” kata Dr. Paul Rimmer, peneliti, dikutip Kamis (2/8/2018).

Peneliti menemukan bintang dengan suhu sama dengan matahari kita, memancarkan jumlah cahaya tepat untuk membangun kehidupan. Tapi, bintang yang lebih dingin tampaknya tidak bekerja. Biasanya tiap planet di mana interaksi terjadi perlu memiliki bintang yang tepat.

Ada banyak planet tampaknya cocok dengan kategori itu, termasuk beberapa eksoplanet yang ditemukan teleskop luar angkasa Kepler. Para ilmuwan berharap menemukan lebih banyak planet lainnya di tahun-tahun mendatang, dengan penggunaan teleskop ruang angkasa baru seperti Tess yang baru diluncurkan.

Ada kemungkinan kehidupan mungkin telah berkembang di planet yang sama sekali berbeda, dengan caranya sendiri, para peneliti. Tapi, mencari kehidupan yang dimulai seperti yang dilakukannya di Bumi adalah langkah yang paling alami. (aja)



Terpopuler