{{ message }}

36 Bacaleg di Pringsewu Tak Penuhi Syarat

Rabu, 8 Agustus 2018 - 10:47:16 AM | 452 | Pileg

36 Bacaleg di Pringsewu Tak Penuhi Syarat
Sekretariat KPU Prinsewu pada Selasa, 7 Agustus 2018 malam. (inilampung.com/tyo).

INILAMPUNG.COM - Sebanyak 36 dari 454 bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Pringsewi dinyatakan tiak memenuhi syarat (TSM). Mereka berasal dari 10 partai politik dari 16 parpol peserta pemilu legislatif (pileg) 2019.

H.Warsito selaku Divisi Teknis pada KPUD Kabupaten Pringsewu menjelaskan, ke-36 bacaleg dari 10 parpol terdiri 23 lelaki dan 13 perempuan, tersebar di lima daerah pemilihan (Dapil).

"Ke-36 bacaleg yang TSM itu dari Partai PDIP ada 2 bacaleg, Partai Nasdem 1, Garuda 6 , Berkarya 7 orang, PKS 2, Perindo 7, PPP 2, PSI 5 , Demokrat 1dan PKPI 3 bacaleg," jelasnya.

Warsito menegaskan, ke-36 bacaleg yang TSM itu tidak akan dimasukan Daftar Calon Sementara (DCS). Bagi parpol yang merasa dirugikan, dipersilakan mengajukan keberatan ke Bawaslu Kabupaten Pringsewu.

Dia mengatakan hal itu saat Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pringsewu menyerahkan berkas berita acara hasil verifikasi terhadap perbaikan syarat bakal calon kepada pimpinan atau penghubung ke-16 partai politik peserta pileg 2019, pada Selasa, 7 Agustus 2018 malam.

Menurut Anggota Bawaslu Kabupaten Pringsewu Fajar Faklevi, yang hadir pada malam itu, mempersilakan parpol yang dirugikan oleh keputusan KPU Pringsewu, mengajukan gugatan sengketa ke Bawaslu dalam dalam tiga hari, mulai Selasa (7/8) malam hingga Kamis (9/8) pukul 24.00 Wib.

"Silakan datang ke Sekretariat Bawaslu Pringsewu di Jalan KH. Gholib Pringsewu. Kami akan membantu memediasi sesuai prosedur," jelasnya.

Parpol yang ingin mengajukan gugatan sengketa tersebut agar mempersiapkan bukti-bukti pendukung. "Intinya kami selalu siap membantu menjembatani menyelesaikan sengketa putusan dari KPUD," kata anggota Bawaslu uanglain, Arifin.

Penyerahan berkas berita acara hasil verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon kepada 16 pimpinan/LO parpol di Sekretariat KPU Kompleks Perkantoran Pemkab Pringsewu, pada Selasa (7/8) malam, dipimpin Ketua KPU Andoyo didampingi komisioner H.Warsito, Agus Prianto dan Hendri Mujani.

Pada 1 hingga 7 Agustus 2018, verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon. "Sesuai jadwal, pada Selasa malam (7/8) dilakukan penyerahan berita acara hasil verifikasi terhadap perbaikan daftar calon dan syarat calon kepada pimpinan/LO ke-16 parpol," kata Andoyo.

Tahap selanjutnya, 8-12 Agustus dilakukan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) dan (12-14 Agustus) penyampaian calon DCS persentase keterwakilan perempuan.

Lalu pada 12-21 Agustus, masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS, pada 22-28 Agustus permintaan klarifikasi kepada parpol atas masukan dan tanggapan masyarakat terhadap DCS. Dan pada 29-31 Agustus penyampaian klarifikasi dari parpik kepada KPU Kabupaten Pringsewu.

Kemudian 1-3 September, pemberitahuan pengganti DCS, lalu 4-10 September pengajuan pengganti bakal calon. Lalu 11-13 September, verifikasi pengganti DCS oleh KPU, pada 14-20 September penyusunan Daftar Calon Tetap (DCT). Pada 20 September penetapan DCT dan 21-22 September pengumuman DCT. (tyo).




BERITA LAINNYA

Terpopuler