{{ message }}

YouTube Akan Tindak Penyebar Informasi Salah

Selasa, 10 Juli 2018 - 11:49:50 AM | 235 | Bisnis

YouTube Akan Tindak Penyebar Informasi Salah

 

INILAMPUNG.COM - YouTube menyatakan akan mengambil langkah tegas untuk memastikan kebenaran berita pada layanannya dengan menindak informasi salah dan akan mendukung penyedia berita resmi.

Perusahaan itu mengatakan, Senin (9/7/2018), langkah ini diharapkan membuat sumber berita berwibawa, terutama di tengah-tengah arus informasi salah menyebar secara cepat.

YouTube akan mulai menunjukkan kepada pengguna berupa pratinjau teks singkat dari berita dalam hasil pencarian video, serta peringatan bahwa berita dapat berubah.


Tujuannya untuk melawan video palsu yang berkembang cepat, seperti dalam peristiwa penembakan, bencana alam dan kejadian besar lainnya. Misalnya, hasil pencarian YouTube menunjukkan video-video bahwa penembakan massal menewaskan paling tidak 59 di Las Vegas adalah palsu, yang dilakukan "aktor-aktor bohong."

Dalam kasus yang mendesak ini, video biasa tidak akan berhasil, karena perlu waktu untuk outlet berita memproduksi dan memverifikasi klip berkualitas tinggi. Jadi, YouTube bertujuan memendek lingkaran misinformasi dengan cerita teks yang dapat dengan cepat memberikan informasi lebih akurat.

Namun, para pejabat YouTube hanya menawarkan deskripsi samar-samar tentang sumber mana yang dianggap otoritatif. Pejabat di YouTube, Neal Mohan, mengatakan ada 10.000 peninjau manusia di Google, yang disebut penilai kualitas pencarian memantau hasil pencarian di seluruh dunia.

Mereka membantu menentukan yang akan dihitung sebagai sumber otoritatif dan berita. (aja)



Terpopuler