{{ message }}

Teknologi Radar Cerdas Bisa Pantau Aktivitas melalui Dinding

Senin, 9 Juli 2018 - 01:34:40 AM | 262 | Pendidikan

Teknologi Radar Cerdas Bisa Pantau Aktivitas melalui Dinding
RF-Pose (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Sekelompok peneliti dan mahasiswa di MIT mengembangkan teknologi radar cerdas yang memungkinkan melihat melalui dinding untuk melacak orang ketika mereka bergerak.

Pengembangan bisa berguna untuk memantau orang tua atau orang sakit serta untuk aplikasi lain, tapi bisa juga menimbulkan masalah privasi.

Tes menunjukkan teknologi dikenal sebagai RF-Pose, dapat mengungkapkan apakah seseorang berjalan, duduk, berdiri atau bahkan melambaikan tangan. Dan dapat mengidentifikasi individu dari kelompok yang dikenal dengan tingkat keberhasilan 83 persen.


Pengembangnya mengatakan terbukti berguna untuk berbagai aplikasi, termasuk penegakan hukum, pencarian dan penyelamatan, dan mungkin yang paling penting untuk perawatan kesehatan.

Dina Katabi, ilmuwan komputer MIT dan pemimpin kelompok itu, dikutip dari NBC News Tech, Senin (9/7/2018), mengatakan, dokter mungkin menggunakan teknologi ini untuk mengawasi seseorang penyakit Parkinson dengan memperhatikan perubahan cara berjalan yang mungkin mengindikasikan masalahnya.

Atau orang-orang mungkin menggunakannya untuk memantau kerabat lansia, misalnya, untuk menerima peringatan jika dia jatuh.

Teknologi menggunakan kecerdasan buatan untuk menafsirkan data gelombang radio, tumbuh dari pekerjaan sebelumnya oleh kelompok yang sama. Versi sebelumnya dari teknologi ini dapat mendeteksi siluet seseorang di balik dinding, tapi Katabi mengatakan ini adalah pertama kalinya ada kemungkinan untuk melacak dan mengidentifikasi orang.

Katabi dan timnya melatih RF-Pose dengan memberikan foto-foto orang serta gambar mentah yang diciptakan gelombang radio yang dipantulkan. Akhirnya, RF-Posed belajar menghasilkan figur tongkat tiap kali sinyal radio menunjukkan keberadaan seseorang. (aja)



Terpopuler