{{ message }}

Redam Hoax, WhatsApp Luncurkan Fitur Penanda Pesan Terusan

Rabu, 11 Juli 2018 - 09:19:54 AM | 1056 | Gadget

Redam Hoax, WhatsApp Luncurkan Fitur Penanda Pesan Terusan

 

INILAMPUNG.COM - WhatsApp sebentar lagi meluncurkan fitur baru berupa label untuk menandai pesan terusan. Dengan label ini akan diketahui pesan terusan dari pengguna lain atau baru ditulis pengirimnya sendiri. Upaya ini untuk memininalisasi penyebaran berita bohong (hoax). 

Baru-baru ini di India terjadi sejumlah serangan mematikan karena dipicu berita hoax yang dibagikan di WhatsApp.

Perusahaan milik Facebook itu berharap dengan adanya fitur baru akan memberi orang konteks tambahan dan memahami dari mana pesan berasal. Pada gilirannya bisa menghentikan dam tidak terjadi lagi peristiwa mengerikan seperti di India.


Jika fitur baru diluncurkan, tiap pesan terus akan disertai catatan atau label di sudutnya, dengan huruf miring, menyatakan bahwa itu pesan terusan. Namun, tidak disebutkan kepada siapa saja pesan itu diteruskan. Untuk mendapatkan pemberitahuan semacam itu harus mengupgrade versi terbaru WhatsApp.

Namun, pihak WhatsApp memperingatkan pengguna agar tidak meneruskan pesan terusan dan meminta waspada serta bijak menyikapinya. "Kami mendorong Anda untuk berpikir sebelum membagikan pesan terusan," tulis WhatsApp dalam postingannya di blog, dikutip dari Independent, Rabu (11/7/2018).

Pihak perusahaan juga berharap pengguna melaporkan tiap spam atau pesan terusan yang dicurigai bermasalah agar penyebarannya bisa dihentikan. (aja)



Terpopuler