{{ message }}

Orang Tua Sibuk Nelepon, Kosakata Anak Akan Terbatas

Sabtu, 7 Juli 2018 - 10:14:29 AM | 454 | Pendidikan

Orang Tua Sibuk Nelepon, Kosakata Anak Akan Terbatas
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Para orang tua yang kerap sibuk dengan telepon genggamnya, harus mengenyampingkan dulu alat satu ini ketika berbicara dengan anaknya yang masih kecil. Telepon genggam dan perkembangan anak berhubungan erat, terutama pengaruh kosakata anak.

Penulis terkenal Philip Pullman, penulis His Dark Materials percaya keluarga harus membantu meningkatkan keterampilan bahasa anak-anak sebelum mereka mulai bersekolah melalui percakapan, permainan, dan sajak anak-anak.

"Ini membuat saya putus asa ketika melihat seseorang mendorong kursi dorong bersama dengan seorang anak di dalamnya. Orang tua berjalan di belakang mereka sambil berbicara ke ponsel," kata Pullman, dikutip dari PA, Sabtu (7/7/2018).


“Jangan kecualikan anak dari percakapan. Bicaralah dan libatkan mereka. Mereka tidak akan mengerti semua yang Anda katakan, tapi mereka akan senang jika dilibatkan. Ini fondasi terbaik untuk sukses dalam semua jenis bahasa di kemudian hari, membaca, menulis, berbicara mendengarkan. Itu jauh lebih penting."

Pullman mengemukakan hal itu setelah sebuah penelitian awal tahun ini menemukan hampir setengah dari anak berusia lima dan enam tahun beresiko berkinerja buruk karena memiliki kosakata yang terbatas.

Pullman menambahkan, pengaturan tes dan membuat anak-anak belajar "daftar kata-kata" bukanlah cara yang efektif untuk meningkatkan kosakata. Ia percaya anak-anak harus belajar tentang alam untuk membuat mereka sadar akan kerusakan disebabkan lingkungan.

“Harus dimulai pergi ke luar dan bermain-main, mencipratkan aliran air dan kolam. Melakukan semua hal yang disukai anak-anak. Ini bukan hanya sekedar pengetahuan yang harus diinstruksikan tapi bermain, menikmati hidup, bersenang-senang." (aja)



Terpopuler