{{ message }}

Lahir Sebuah Planet Baru Bersuhu 1.000 Derajat Celcius

Kamis, 5 Juli 2018 - 11:14:14 AM | 413 | Pendidikan

Lahir Sebuah Planet Baru Bersuhu 1.000 Derajat Celcius
Planet PDS 70b

INILAMPUNG.COM - Dengan bantuan salah satu teleskop paling kuat di Bumi, tim astronom internasional berhasil mengambil snapshot spektakuler planet baru yang muncul dari cakram gas dan puing-puing di sekitar bintang induknya.

Citra pertama termasuk penelitian baru akan diterbitkan dalam jurnal Astronomy & Astrophysics. Hal itu menunjukkan dunia asing dikenal PDS 70b yang mengorbit bintang kerdil sekitar 370 tahun cahaya dari Bumi di lokasi Centaurus.

Ini adalah gas raksasa lebih besar dari Jupiter dan dengan suhu permukaan sekitar 1.000 derajat Celcius, lebih panas dari planet manapun di tata surya kita.


"Ini menegaskan gambaran kita tentang pembentukan planet. Planet-planet itu mengumpulkan bahan dari lingkungan mereka, mengukir celah dalam piringan," kata Miriam Keppler, astronom Institut Astronomi Max Planck, Heidelberg, Jerman, dan pemimpin tim, dikutip dari NBC News, Kamis (5/7/2018).

Gambar menunjukkan PDS 70b sebagai gumpalan kekuningan terang dekat bintang induknya, PDS 70. Dikaburkan oleh piringan hitam dikenal koronagraf yang digunakan astronom untuk menjaga cahaya terang bintang dari mencuci banyak planet dimmer.

PDS 70b terletak sekitar 3 miliar kilometer dari PDS 70, atau kira-kira jarak dari Uranus ke matahari.

Gambar lain menunjukkan fitur mirip planet di sekitar bintang induknya, tapi sulit untuk memastikan fitur tersebut mewakili planet sebenarnya.

"Ini adalah pertama kalinya kami dapat melihat sebuah planet tertanam dalam cakram gas di sekitar bintang muda," Heather Knutson, profesor ilmu planet Caltech di Pasadena, California.

Planet raksasa gas seperti ini terbentuk dalam skala waktu beberapa juta tahun, tapi mereka tersembunyi dari pandangan selama sebagian besar periode ini karena adanya piringan gas. (aja)



Terpopuler