{{ message }}

Beberapa Sebab Perangkat Gadget Jadi Berisiko

Kamis, 5 Juli 2018 - 12:43:01 PM | 419 | Gadget

Beberapa Sebab Perangkat Gadget Jadi Berisiko
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Kita tentunya ingin alat teknologi yang dimiliki seperti komputer dan smartphone tetap aman. Juga menginginkan kehidupan mudah dan nyaman dengan alat itu. Tapi, keduanya kerap sulit berjalan beriringan.

Ini adalah beberapa cara yang akan membuat perangkat Anda berisiko, mungkin di antaranya tanpa disadari.

1. Menonton TV dan film secara ilegal


Apa pun yang menarik perhatian orang banyak, seperti acara premium bebas dan ilegal, biasanya menarik pembuat malware. Baik streaming atau mengunduh sesuatu secara ilegal,

Tidak berarti semua situs streaming atau program seperti itu jahat. Tapi, orang jahat tahu dengan cara ini lebih mudah menginfeksi perangkat Anda dengan virus dan malware.

Salah satu trik tersebut dengan membungkus kode berbahaya di dalam sesuatu yang sangat menggoda, seperti plug-in browser untuk menonton film baru secara gratis.

Cara terbaik menghindari ancaman itu membayar untuk yang Anda tonton melalui saluran resmi. Anda akan yakin file yang digunakan sah dan aman, dan yakin aplikasi yang digunakan untuk mengirim video juga terjamin.

2. Membagi akun dengan orang lain

3. Menggunakan kode PIN pendek dan membuka kunci pola

Memiliki kunci apa pun di perangkat Anda jauh lebih baik daripada membiarkannya terbuka. Tapi, beberapa mekanisme penguncian lebih aman daripada yang lain. Menggunakan PIN 4 digit mungkin berarti kurang mengetuk jari Anda, tapi PIN 6 digit berarti serangan memiliki 990.000 kombinasi tambahan untuk dicoba.

Kode PIN panjang sebenarnya cara paling aman mengunci ponsel Anda, tidak seperti biometrik, itu tidak dapat dipalsukan, dan tidak dapat ditebak. Nomor PIN tentu jauh lebih aman daripada pola, berkat prediktabilitas kita sebagai manusia cukup mudah ditebak.

4. Pengaman USB yang buruk

Virus dan malware suka menginstal sendiri melalui stik USB, menjalankan kode infeksi segera setelah Anda memasukkan drive ke komputer Anda. Karena itu, harus berhati-hati dengan perangkat USB apa pun yang baru Anda beli atau tidak dikemas dengan segel.

Anda juga tidak boleh mencolokkan perangkat USB acak atau ketika tidak yakin 100% asal-usulnya.

Pastikan semua drive USB Anda berasal dari sumber tepercaya, dan sama sekali jangan pasang drive ke komputer tanpa ada perangkat lunak keamanan yang diinstal di dalamnya.

5. Membiarkan kamera web dan mikrofon terungkap

Beberapa webcam sekarang memiliki perisai privasi terpasang, jadi jika itu terjadi di laptop atau desktop Anda, pastikan memanfaatkannya.

Anda mungkin tidak berpikir seseorang akan memiliki banyak minat menatap Anda saat menatap layar komputer sepanjang hari. Tapi, kita tahu bahwa peretasan terjadi, dan dapat memiliki beberapa konsekuensi serius.

6. Tidak memperbarui perangkat lunak Anda

Banyak serangan peretasan besar berhasil karena mereka memanfaatkan celah perangkat lunak lebih lama.

Aktifkan pembaruan otomatis di mana pun Anda bisa, pilih menginstal pembaruan secara teratur. Jangan biarkan perangkat lunak Anda sangat tua sehingga menempatkan mereka pada risiko serius. (aja)

 



Terpopuler