{{ message }}

97 Persen Orang Gagal Mencuci Tangan secara Benar

Rabu, 11 Juli 2018 - 10:16:38 AM | 432 | Sex & Kesehatan

97 Persen Orang Gagal Mencuci Tangan secara Benar
ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Mencuci tangan selalu digemakan sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan. Tapi, rajin mencuci tangan bukan berarti terbebas dari masalah penyakit.

Sebuah studi Departemen Pertanian Amerika Serikat melaporkan bahwa 97 persen masyarakat gagal mencuci tangan secara benar. Kesalahan paling umum adalah tidak mencuci tangan cukup lama.

Studi observasional dilakukan dengan perusahaan nonprofit RTI International dan North Carolina State University. Melibatkan 383 peserta berbasis di North Carolina dan memantau mereka melalui kamera saat mereka memasak makanan.


Penelitian ini mengungkapkan hanya 3 persen dari peserta mengikuti semua langkah yang diperlukan mencuci tangan dengan benar.

"Anda tidak bisa melihat, mencium, atau merasakan bakteri," kata Carmen Rottenberg, wakil sekretaris keamanan makanan USDA, dilansir dari USA Today, Rabu (11/7/2018).

"Jika mencuci tangan dengan benar, Anda dapat melindungi keluarga dan mencegah bakteri mencemari makanan dan area utama dapur Anda."

Kesalahan paling umum yang ditemukan adalah tidak mencuci dengan sabun dan air selama minimal 20 detik. Perilaku buruk lainnya tidak mendapatkan tangan basah atau gagal menggunakan sabun.

Di AS, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, ada 48 juta orang Amerika sakit dari penyakit akibat makanan tiap tahun, termasuk sekitar 128.000 rawat inap dan 3.000 kematian. (aja)



Terpopuler