{{ message }}

Perayaan Khas Idul Fitri dari Penjuru Dunia

Kamis, 14 Juni 2018 - 09:27:26 AM | 542 | Seni & Budaya

Perayaan Khas Idul Fitri dari Penjuru Dunia
Keluarga di Rusia merayakan Idul Fitri (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Muslim di seluruh dunia akan merayakan Idul Fitri dan umumnya disertai liburan selama tiga hari. Tahun ini, Idul Fitri kemungkinan dimulai pada malam hari tanggal 14 Juni di Amerika Serikat. Setelah sebulan berpuasa, umat Muslim merayakan Idul Fitri dengan pesta keluarga besar-besaran.

Ada berbagai makanan tradisional yang dibuat untuk menyambut Idul Fitri, masing-masing negara merayakan dengan cara yang unik. Di Irak, kue-kue kering diberi aroma air mawar disebut klaicha sangat populer, menurut Smithsonian Magazine. Kue serupa diisi dengan kurma atau kenari populer di Lebanon, Suriah, dan negara-negara lain.

Dinukil dari Newsweek, Kamis (14/6/2018), permen adalah bagian penting dari perayaan Idul Fitri. Di Mesir, keluarga menikmati makan kahk, kue manis diisi dengan madu. Orang Malaysia menikmati makanan penutup disebut kuih, yang merupakan berbagai macam camilan berwarna cerah.


Keluarga di Somalia menyiapkan makanan penutup dari gandum dan millet disebut cambaabur setelah salat Subuh, menurut Al Jazeera.

Makanan gurih biasanya daya tarik utama untuk makan besar. Smithsonian Magazine mencatat bahwa ikan biasanya merupakan hidangan utama di Mesir, sedangkan domba adalah makanan utama di Irak, Indonesia dan negara-negara lain.

Di Rusia diperkirakan ada 25 juta Muslim ada pesta termasuk manti, pangsit yang diisi dengan daging domba atau daging sapi berbumbu, lapor Al Jazeera.

Makanan Idul Fitri lainnya yang lezat termasuk bolani, sebuah roti yang diisi dengan sayuran hijau, labu, kentang atau lentil, di Afghanistan ada lapis legit, kue rempah-rempah berlapis menjadi ciri khas di Indonesia.

Di Yaman, makan siang di rumah kepala keluarga biasanya termasuk bint al sahn, tulis Metro. Kue manis ini terdiri lapisan tipis lipat adonan, di atasnya terdapat madu dan biji nigella. (aja)



Terpopuler