{{ message }}

Olahraga Latihan Beban Berat Kurangi Gejala Depresi

Sabtu, 2 Juni 2018 - 10:07:57 AM | 241 | Sex & Kesehatan

Olahraga Latihan Beban Berat Kurangi Gejala Depresi

 

INILAMPUNG.COM - Latihan beban baik untuk tubuh dan pikiran Anda, demikian ulasan baru dari 30 penelitian yang pernah diterbitkan. Makalah yang diterbitkan jurnal JAMA Psychiatry, menemukan bahwa latihan ketahanan (RET), seperti angkat berat dan latihan kekuatan, dikaitkan dengan penurunan signifikan gejala depresi.

Itu juga bermanfaat untuk ketahanan fisik, seperti membuat tulang lebih kuat dan mencegah kondisi kronis.

Brett Gordon, peneliti pascasarjana departemen pendidikan jasmani dan ilmu olahraga Universitas Limerick, Irlandia, mengatakan, temuan itu sangat menarik, terutama karena mudah dilakukan, terjangkau dan bisa dilakukan di rumah.


Gordon seperti dilansir dari Time Health, Sabtu (2/6/2018), mengatakan, latihan beban tampaknya bekerja untuk perawatan depresi, sebagai antidepresan dan terapi perilaku.

Penelitian lain menunjukkan dengan meningkatkan aliran darah ke otak, olahraga dapat mengubah struktur dan fungsi otak, menciptakan sel-sel otak baru dan memicu pelepasan bahan kimia yang meningkatkan suasana hati seperti endorfin.

Gordon dan rekan-rekannya menganalisis 33 uji klinis — termasuk hampir 2.000 orang secara keseluruhan — meneliti efek latihan ketahanan terhadap gejala depresi. Di seluruh papan, mereka menemukan latihan kekuatan dikaitkan perbaikan gejala depresi seperti suasana hati, kehilangan minat kegiatan dan perasaan tidak berharga, terlepas dari usia seseorang, jenis kelamin, status kesehatan.

"Menariknya, perbaikan lebih besar ditemukan di antara orang dewasa dengan gejala depresi yang menunjukkan depresi ringan sampai sedang dibandingkan dengan orang dewasa. Menunjukkan RET mungkin sangat efektif untuk mereka yang memiliki gejala depresi lebih besar," kata Gordon.

Gordon tidak dapat menyebutkan satu latihan terbaik untuk kesehatan mental Anda. Dia hanya merekomendasikan mengikuti pedoman yang diberikan American College of Sports Medicine, melakukan latihan kekuatan setidaknya dua hari per minggu dengan melakukan delapan hingga 12 pengulangan delapan hingga 10 latihan penguatan kekuatan yang berbeda tiap kali.

Tentu saja, faktor-faktor yang menyebabkan gangguan kesehatan mental kompleks. Mengangkat beban mungkin tak cukup untuk menghilangkan gejala depresi sepenuhnya. Dan mungkin sulit menemukan energi memulai rejimen olahraga baru jika Anda sudah berjuang dengan depresi.

Meskipun demikian, Gordan mengatakan review baru menambah bobot pada argumen bahwa pelatihan ketahanan dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan kesehatan mental. (aja)



Terpopuler