{{ message }}

Lava Gunung Kilauea Ciptakan 1,6 Km Lahan Baru

Sabtu, 9 Juni 2018 - 12:41:12 PM | 1238 | Travelling

Lava Gunung Kilauea Ciptakan 1,6 Km Lahan Baru
Lava Gunung Kilauea yang terus mengalir (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Lava gunung berapi Kilauea, Hawaii, yang mengalir ke Teluk Kapoho telah membentuk menciptakan hampir satu mil atau sekitar 1,6 Km lahan baru. Aliran itu juga terus terjadi dan tak ada cara untuk mengetahui kapan letusan gunung akan berakhir. Juga tak diketahui berapa banyak lagi lava dimuntahkan.

Pihak Survei Geologi AS mengatakan, Kamis (7/6), lava bergerak cepat mengalir ke kawasan pesisir Hawaii dataran rendah hanya dalam dua hari minggu ini, dan menghancurkan ratusan rumah.

"Lava terus masuk ke lautan di sepanjang garis depan di Teluk Kapoho dan daerah Vacationland. Dan terus merayap ke utara sisa-sisa Kapoho Beach Lots," kata ahli geologi USGS, Janet Babb, dikutip dari Time, Sabtu (9/6/2018).

Letusan Gunung Kilauea

Ketika lava bergerak menuju teluk, akan menguap di danau air tawar terbesar di Hawaii, yang ratusan kaki di beberapa tempat. Tanah baru di Teluk Kapoho itu milik negara, tapi semenanjungnya tidak akan terlihat seperti lahan pertanian yang mendominasi wilayah Big Island, Hawaii, dalam waktu dekat.

Tanaman di lahan baru itu bisa tumbuh segera tapi tergantung pada iklim, curah hujan dan variabel lainnya. Prosesnya diperkirakan membutuhkan waktu lebih lama untuk lahan subur.

"Seberapa cepat vegetasi kembali pada aliran lava sangat tergantung pada jenis lava itu, dan berapa banyak hujan yang ada di daerah itu," kata Babb.

Tapi, tanah baru dari lava itu tidak dapat diprediksi, sekali lahar mendingin dan mengeras akan meninggalkan sebuah lanskap yang goyah dan hangus dengan pecahan batu vulkanik yang sangat tajam. (aja)



Terpopuler