{{ message }}

Gunung Fuego Meletus Lagi, Terdahsyat Selama 500 Tahun

Rabu, 6 Juni 2018 - 11:48:45 AM | 1552 | Seni & Budaya

Gunung Fuego Meletus Lagi, Terdahsyat Selama 500 Tahun
Letusan Gunung Fuego Guatemala (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Letusan gunung api mematikan di Guatemala mungkin salah satu terbesar dalam 500 tahun. Gunung de Fuego meletus lagi Selasa (5/6) untuk pertama kalinya sejak letusan dahsyat pada hari Minggu.

Setidaknya 192 orang hilang dan 75 orang tewas. Desa-desa di lereng terkubur abu dan lumpur vulkanik.

Dikutip dari Sky News, Rabu (6/6/2018), Badan bencana nasional Guatemala, Conred telah memerintahkan evakuasi di kota Escuintla ketika gas panas dan batu cair mengalir di lereng selatan gunung berapi pada hari Selasa sore.


Dr Ralf Gertisser, dari Universitas Keele, menjelaskan, Fuego meletus terus menerus setidaknya sejak tahu 2002. "Fuego adalah gunung berapi yang sangat aktif," katanya.

Ia mengatakan, aliran piroklastik akan merobohkan pepohonan, menghancurkan rumah dan bisa melemparkan mobil di sekitar. "Sangat merusak. Ini adalah fenomena vulkanik paling mematikan dan paling merusak yang kita ketahui," kata dia.

Debu mengepul lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Seismologi Guatemala dan lembaga vulkanologi memperingatkan ada aliran moderat bahan berbahaya di bawah gunung berapi itu.

Seperti dilaporkan BBC, lebih dari 1,7 juta orang terdampak akibat letusan pada hari Minggu, lebih dari 3.000 orang dievakuasi.

Ledakan hari Selasa mengejutkan banyak orang, setelah para ahli vulkanologi mengatakan letusan itu telah mengirimkan abu hingga 10 km ke langit pada hari Minggu. (aja)

 



Terpopuler