{{ message }}

Eropa Tengah Dihantam Banjir Besar

Rabu, 6 Juni 2018 - 12:23:14 PM | 1237 | Travelling

Eropa Tengah Dihantam Banjir Besar
Banjir di Eropa Tengah (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Eropa Tengah dihantam banjir parah sejak beberapa hari lalu, dan sampai saat ini belum ada tanda-tanda akan berhenti. Di Polandia, banjir menghancurkan Warsawa, Sandomierz, Nowy Sacz, dan desa-desa lain di wilayah Selatan, menyusul badai hebat pada hari Minggu.

Dikutip dari Euronews, Rabu (6/6/2018), wali kota setempat, Grzegorz Sikorski mengatakan, hanya butuh beberapa jam hujan deras untuk membanjiri pemukiman penduduk. Ada dua jembatan hancur dan menyebabkan tanah longsor.

Di wilayah Brittany, Prancis juga dilanda badai dahsyat pada hari Minggu dan Senin. Menurut Stéven Tual, ahli meteor Meteo Bretagne, antara tiga minggu dan satu bulan hujan turun dalam 30 menit. Debit Sungai Jarlot dilaporkan meluap pada tingkat puncaknya sejak tahun 2014.

Di sepanjang pantai Laut Hitam Bulgaria, terutama di kota Varna, dua desa terkena tornado, menyebabkan kehancuran di tempat itu. Tapi, tidak ada laporan korban terluka.

Profesor Richard Betts dari University of Exeter, yang melakukan penelitian risiko banjir sungai di Eropa di bawah pemanasan global, mengatakan kepada The Guardian, hasil penelitiannya memberikan gambaran paling jelas tentang perubahan iklim yang meningkatkan risiko banjir.

Padahal, kata dia, pemanasan global hanya 1,5 derajat C. Diperkirakan 500 ribu hingga 1 juta orang akan terpengaruh oleh banjir di Eropa di masa depan. (aja)



Terpopuler