{{ message }}

Malware Serang Router Internet Rumah

Kamis, 31 Mei 2018 - 01:24:57 AM | 414 | Gadget

Malware Serang Router Internet Rumah
Ilustrasi

INILAMPUNG.COM - Jutaan fasilitas internet rumahan di Amerika Serikat, dicabut beberapa saat saat akhir pekan Memorial Day. Hal itu setelah FBI mengeluarkan peringatan rumah atau router internet di kantor rentan diserang malware asing dari Rusia.

Sebanyak 500 ribu perangkat di negara itu terkena dampak berdasarkan analisis Talos, badan keamanan Cisco. Perusahaan juga menemukan serangan itu setidaknya di 54 negara.

Perangkat produksi Linksys, MikroTik, Netgear, dan TP-Link termasuk di antara mereka yang diketahui telah terpengaruh, menurut laporan Talos. Sementara titik awal infeksi tidak diketahui untuk VPNFilter, telah menyebar secara diam-diam setidaknya sejak tahun 2016, menurut para peneliti.


Banyak perangkat yang terinfeksi telah mengetahui eksploitasi publik dan menggunakan kredensial default, yang berarti bahwa jika seseorang menyiapkan router rumahnya di luar kotak dan mereka tidak pernah mengubah kata sandi atau memperbarui firmware, mereka dapat berisiko lebih tinggi.

Malware disebut VPNFilter menargetkan router kecil di rumah dan kantor. Setelah router terinfeksi, peretas akan berpotensi masuk untuk meluncurkan serangan lebih lanjut.

Para penjahat siber juga dapat mengumpulkan informasi pribadi, memblokir lalu lintas jaringan - atau hanya mengubah router tak berfungsi.

"Lebih dari setengah juta router diidentifikasi rawan, sulit memperkirakan berapa banyak perangkat yang dapat terpengaruh dalam beberapa hari atau minggu mendatang," kata Shuman Ghosemajumder, chief technology officer Shape Security dikutip dari NBC News, Kamis (31/5/2018).

"Jika Anda memiliki router yang lebih tua, kemungkinannya lebih besar yang mungkin dikirimkan dengan kata sandi standar yang sama di semua jenis perangkat. Ubah kata sandi router, pastikan firmware diperbarui dan dalam beberapa kasus, bahkan mengganti router," kata Ghosemajumder. (aja)



Terpopuler