{{ message }}

Batu 10 Ton Berterbangan jika Gunung Kilauea Meletus

Jum'at, 11 Mei 2018 - 06:05:48 AM | 1908 | Travelling

Batu 10 Ton Berterbangan jika Gunung Kilauea Meletus
Gunung berapi Kilauea

INILAMPUNG.COM - Jika gunung berapi Kilauea di Hawaii meletus dalam beberapa hari atau minggu mendatang, para ahli khawatir, abu dan batu sebesar lemari es berterbangan beberapa puluh meter ke udara. Itu bisa melumpuhkan lalu lintas penerbangan dan membahayakan jiwa warga sekitarnya.

Charles Mandeville, koordinator bencana gunung berapi untuk Survei Geologi Amerika Serikat, mengatakan, letusan akan menyemburkan batu seberat 10 ton dengan kecepatan 120 kilometer/jam.

Gunung api itu memuntahkan lava selama seminggu, telah menghancurkan lebih dari dua lusin rumah dan mengancam sebuah pusat panas bumi.

Ancaman tambahan letusan eksplosif dapat mengenai pesawat dari dua bandara utama Big Island dan menimbulkan bahaya lainnya. Taman nasional di sekitar gunung berapi mengumumkan ditutup karena risikonya.

"Kami tahu gunung berapi mampu melakukan ini," kata Mandeville, mengutip ledakan serupa di Kilauea tahun 1925, 1790, dan empat letusan lainnya dalam beberapa ribu tahun terakhir.

Kilauea telah menghancurkan 36 bangunan, termasuk 26 rumah sejak 3 Mei lalu. Lima belas lubang sekarang tersebar di kawasan Leilani Estates dan Lanipuna Gardens. (aja)



Terpopuler