{{ message }}

Sehari, Masyarakat Diajak Boikot Facebook, WhatsApp, dan Instagram

Minggu, 8 April 2018 - 06:06:19 AM | 366 | Gadget

Sehari, Masyarakat Diajak Boikot Facebook, WhatsApp, dan Instagram

 

INILAMPUNG.COM - Pengguna Facebook diajak untuk berhenti menggunakan platform media sosial itu selama satu hari sebagai protes atas keterlibatan perusahaan dalam skandal Cambridge Analytica. Kampanye Faceblock direncanakan bertepatan dengan penampilan Mark Zuckerberg di Kongres AS pada hari Rabu (11/4/2018).

Di Kongres, kepala eksekutif Facebook itu akan memberikan kesaksian tentang masalah privasi data.

Kelompok juru kampanye internasional meminta orang-orang ambil bagian dalam satu hari memboikot menggunakan platform dan aplikasi Facebook, termasuk WhatsApp, dan Instagram.


Laura Ullman, juru bicara kampanye itu mengatakan, mereka prihatin tentang privasi data dan perusahaan itu telah diatur. “Kami ingin mengatur beberapa tindakan langsung di mana banyak orang dapat mengatakan bahwa mereka menyukai Facebook, tapi ingin melihatnya ditingkatkan," katanya, dikutip dari The Guardian, Ahad (8/4/2018).

"Dengan tidak menggunakan platform selama sehari adalah demonstrasi virtual yang mudah dilakukan, tapi akan mengirim pesan kuat yang kami minta lebih baik," katanya.

Ullman mengajak bagi yang tertarik mengikuti aksi ini dan mengunjungi tautan www.facebookblackout.org.

Sementara itu, Komisi I DPR RI mendesak pemerintah menyerahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi.

Anggota Komisi I DPR, Sukamta, mengatakan, terlambatnya pengiriman draf RUU menjadi masalah. Kasus Facebook seharusnya menjadi pembelajaran bagi pemerintah.

"Jangan sampai terjadi di Indonesia. Ada kekhawatiran tahun depan dimanfaatkan untuk mendukung atau menentang calon presiden tertentu," katanya. (aja)



Terpopuler