{{ message }}

Pringsewu Gelar Gerakan Orang Tua Membaca Buku

Jum'at, 13 April 2018 - 01:15:41 AM | 269 | Pendidikan

Pringsewu Gelar Gerakan Orang Tua Membaca Buku
Kadisdisdikbud Kabupaten Prungsewu H. Tri Prawoto melakukan road show memberi materi tentang Gernas Baku kepada guru PAUD. (inilampung.com/tyo).

INILAMPUNG.COM - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu H. Tri Prawoto melakukan road show guna membuka dan memberi materi pada acara Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) 2018 tingkat kabupaten.

Agenda berlangsung di Gedung Serba Guna, Kecamatan Pardasuka, Jum'at, 13 April 2018, diikuti ratusan guru PAUD dari dua kecamatan, Pardasuka dan Ambarawa.

Menurutnya, Gernas Baku kepada anak adalah gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, di satuan pendidikan PAUD, dan di masyarakat.


Pada Abad 21, membutuhkan anak-anak yang mampu berfikir kritis, kreatif, komunikatif, dan mampu berkolaborasi. "Maka di Abad tersebut orang tua dituntut untuk mendampingi anak-anaknya untuk mampu menguasi kecakapan beragam literasi (multiliterasi)," harapnya.

Tri Prawoto menuturkan, tujuan dari gerakan ini membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak agar mempererat hubungan sosial – emosi atara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

Maka sebagai orang tua mempunyai peran yang sangat penting untuk menumbuhkan minat baca pada anak. ”Membacakan buku sebuah kebutuhan dalam pengasuhan karena banyak orang yang sukses di awali dengan kecintaannya akan membaca,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengenalan Gernas BUku pada 2 Mei 2018 dan puncaknya akan dilaksanakan serentak di Indonesia pada 5 Mei 2018.

Pada acara puncak gerakan akan difokuskan di rumah dan di satuan pendidikan. Berkolaborasi antara pemerintah dan pegiat peduli pendidikan anak usia dini, perguruan tinggi, dunia usaha serta komunitas literasi. Diharapkan pada hari itu, serentak orang tua membacakan buku untuk anak-anaknya.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah diharapkan orang tua dapat belajar memahami kemampuan membaca, memahami teknik menarik minat baca, teknik membacakan dan yang sangat penting membiasakan membacakan buku dengan anak.

"Sedang kegiatan yang dilaksanakan di satuan pendidikan yaitu menyelenggarakan kelas orang tua, kelas inspirasi dengan tema menumbuhkan minat dan manfaat senang membaca," imbuh Tri Prawoto.

Hadir pada acara tersebut Bunda PAUD Kabupaten Pringsewu Hj.Nur Rohmah Sujadi, bunda PAUD Kecanatan Pardasuka dan Ambarawa, Uspika dan Bunda PAUD seluruh pekon dari dua kecamatan tersebut. (tyo).



Terpopuler