{{ message }}

Peneliti Temukan Obat Kanker Paru-Paru

Selasa, 17 April 2018 - 08:33:46 AM | 158 | Sex & Kesehatan

Peneliti Temukan Obat Kanker Paru-Paru

 

INILAMPUNG.COM - Para peneliti melaporkan hasil menggembirakan untuk mengobati kanker paru-paru. Yakni, perawatan berbasis kekebalan, dan sebagian besar disetujui untuk mengobati jenis tumor lainnya.

Tiga makalah dipresentasikan pada pertemuan tahunan Asosiasi Amerika untuk Penelitian Kanker, dan diterbitkan di New England Journal of Medicine. Para ahli kanker paru menemukan cara inovatif melemahkan tumor paru-paru, sehingga bisa meningkatkan kesempatan penderitanya bertahan dari penyakit.

Patrick Forde, asisten profesor onkologi dan anggota asosiasi dari Institut Bloomberg-Kimmel untuk Imunoterapi Kanker di Johns Hopkins, mengatakan, perawatan efektif untuk kanker paru-paru masih kurang.


Lebih dari separuh orang yang diobati bahkan pada tahap awal, tidak sembuh. Kemoterapi juga biasanya hanya berdampak peningkatan 5 persen dalam kesempatan hidup penderitanya.

Dikutip dari Time, Selasa (17/4/2018), penelitian melibatkan sejumlah obat kanker berbasis kekebalan yang disebut checkpoint inhibitor. Dirancang untuk merobek molekuler di balik sel kanker bersembunyi dari sistem kekebalan.

Saat ini, perawatan kanker paru bergantung pada kemoterapi, tapi dokter mulai beralih ke cara lebih khusus dan tepat. Misalnya, obat terapi target baru yang mendiami mutasi genetik spesifik yang bertanggung jawab terhadap kanker seseorang.

"(Setelah penemuan ini), lebih dari separuh orang dengan kanker paru-paru dapat menghindari kemoterapi dan mendapatkan perawatan lebih tepat,” kata Dr. Matthew Hellmann dari Memorial Sloan Kettering Cancer Centre. (aja)



Terpopuler