{{ message }}

Mau Usia Sampai 100 Tahun? Belajarlah ke Jepang

Senin, 16 April 2018 - 01:48:22 AM | 190 | Sex & Kesehatan

Mau Usia Sampai 100 Tahun? Belajarlah ke Jepang
Masazo Nonaka dari Jepang berusia 112 tahun (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Penduduk Jepang dikenal berumur panjang, menjadi rumah rumah bagi beberapa pemegang gelar usia tertua. Ada sekitar 68 ribu orang berusia 100 atau lebih di negara itu.

Sepeti Masazo Nonaka, berusia 112 tahun, 259 hari. Keluarganya telah menjalankan bisnis penginapan dan mata air panas selama empat generasi. Ia mendapat Guinness Record sebagai manusia tertua di dunia Selasa lalu.

Nonaka, lahir pada 25 Juli 1905, hanya beberapa bulan Albert Einstein menerbitkan teorinya tentang relativitas. Ia menerima sertifikat dari Guinness World Records di rumahnya di Ashoro, di pulau utama utara Hokkaido, Jepang, dan merayakan pengakuan itu dengan kue besar.


Nonaka dibesarkan di sebuah keluarga besar dan menggantikan orang tuanya mengelola penginapan. Penginapan berusia 105 tahun ini kini dijalankan cucunya Yuko.

Dia secara teratur berendam di mata air dan juga menikmati makan manisan, terutama kue.

Dikutip dari News AU, Senin (16/4/2018), anggota keluarganya mengatakan Nonaka masih bisa bergerak sendirian di kursi roda. Dia membaca koran setelah sarapan tiap pagi, dan suka menonton drama, sumo, gulat, dan samurai di TV. Tapi, hobi favoritnya berendam di mata air panas dan bersantai.

Nonaka hidup lebih lama dari ketujuh saudaranya, serta istri dan dua dari lima anaknya.

Guinness mengatakan Nonaka menggantikan Francisco Olivera dari Spanyol, yang meninggal awal tahun ini pada usia 113 tahun, sebagai pria tertua di dunia.

Seorang wanita Jepang berusia 117 tahun, Nabi Tajima, saat ini merupakan orang tertua yang hidup di Jepang. Ia diperkirakan sebagai orang tertua di dunia baru, menggantikan Violet Moss-Brown dari Jamaika, yang meninggal pada bulan September 2017 di usia 117. (aja)



Terpopuler