{{ message }}

Jurnalisme Baru, Pendiri Wikipedia Siapkan WikiTribune

Senin, 16 April 2018 - 09:27:52 AM | 272 | Seni & Budaya

Jurnalisme Baru, Pendiri Wikipedia Siapkan WikiTribune
Jimmy Wales (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Jimmy Wales adalah salah satu dalang pendiri situs Wikipedia, ensiklopedia online. Sejak diluncurkan tahun 2001, Wikipedia menjadi raksasa internet, menjangkau sekitar 1,4 miliar pengguna dan berisi sekitar 46 juta artikel dalam 300 bahasa tiap bulan.

Pada 2017, Wales mengalihkan perhatiannya ke proyek baru bernama WikiTribune, sebuah situs web berita, untuk mempromosikan jurnalisme berbasis bukti, dalam upaya memerangi berita palsu.

"Saya memikirkan gagasan itu cukup lama, tapi yang benar-benar memprovokasi saya adalah perasaan selama pemilihan presiden Amerika Serikat terakhir. Semua pembicaraan tentang berita palsu," katanya, dikutip dari Al Jazeera, Senin (16/4/2018).


WikiTribune menggabungkan pekerjaan wartawan dengan sukarelawan, yang berkontribusi dengan mengoreksi, memeriksa fakta dan menambahkan sumber ke artikel jurnalis.

"Idenya untuk mengatakan mari kita mereplikasi dan mari membangun komunitas yang sehat dan kuat, seperti komunitas yang menciptakan Wikipedia. Ini tidak terbuka lebar untuk semua orang, kami ingin orang yang bijaksana dan baik, tertarik untuk berkontribusi dengan cara positif. Saya ingin agar komunitas ini bekerja berdampingan dengan jurnalis profesional berbayar, sejajar," katanya.

Wales mengakui wartawan memiliki pengetahuan dan keterampilan khusus di bidang seperti wawancara dan mendapatkan akses ke sumber. Tapi, ia merasa komunitas lebih luas dapat berkontribusi untuk berita mnejadi lebih berarti.

Dia menunjuk berita-berita yang "lambat" menyebar, atau berita lokal hanya ada di komunitas tertentu. 

Tetapi idenya ini dikritik mereka yang mengatakan platform meremehkan jurnalis profesional karena memiliki relawan mengisi peran editor salinan secara gratis. Mereka mempertanyakan optimisme Wales tentang kebijaksanaan orang banyak adalah naif.

"Mungkin sedikit naif," ia mengakui, "Tapi, saya harap tidak gila-gilaan, Wikipedia telah membuktikan, sebagian besar ada banyak orang baik di luar sana dan mereka hanya ingin membantu dan melakukan sesuatu berguna." (aja)



Terpopuler