{{ message }}

AlterEgo, Alat Penerjemah Keinginan dalam Hati

Sabtu, 7 April 2018 - 09:30:16 AM | 150 | Gadget

AlterEgo, Alat Penerjemah Keinginan dalam Hati
AlterEgo saat uji coba (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Sebuah tim penelitian berhasil membuat perangkat yang bisa mengenali, menerjemahkan, hingga mencatat pikiran seseorang. Perangkat tersebut diberi nama AlterEgo.

Dengan alat ini, seseorang tak perlu lagi menggunakan jari tangannya dan mengetikan kata-kata. Cukup bicara di pikirannya dan sedikit suara, maka AlterEgo yang meneruskan tugas pengetikan di komputer.

Dengan AlterEgo juga, seseorang dapat "berdialog" dengan komputer, seperti memindahkan kursor di komputer tanpa harus memegang mouse atau keyboard. Juga bisa menanyakan kepada komputer, tentunya tanpa harus bicara keras, tentang waktu, dan lainnya.


"Ide (awal) kami adalah bisakah memiliki platform komputasi lebih internal, yang menyatukan manusia dan mesin dalam beberapa hal. Dan itu seperti perpanjangan internal kognisi kita sendiri?" Kata Arnav Kapur, ketua pengembangan sistem di MIT's Media Laboratorium, dikutip Sabtu (7/4/2018).

Kapur mendeskripsikan alat itu berbentuk headset, sebagai perangkat intelijen-augmentasi atau IA. Alat ini akan dipresentasikan di sebuah konferensi di Tokyo. Dipakai di sekitar rahang dan dagu, serta digantung di atas telinga.

Empat elektroda di bawah perangkat plastik putih melakukan kontak dengan kulit dan mengambil sinyal neuromuskular halus ketika seseorang melakukan verbalisasi secara internal.

Ketika seseorang mengatakan kata-kata di dalam kepala mereka, perangkat itu dapat mencocokkan sinyal tertentu dengan kata-kata tertentu, kemudian meneruskannya ke komputer.

Komputer kemudian merespons melalui perangkat menggunakan speaker konduksi yang memutar suara ke telinga tanpa perlu earphone dimasukkan.

Perangkat AlterEgo mengelola rata-rata 92% akurasi transkripsi dalam percobaan 10. Kapur mengatakan, sistem akan meningkatkan keakuratan seiring waktu. Ambang batas manusia untuk akurasi kata suara diperkirakan sekitar 95%.

Kapur dan timnya kini bekerja mengumpulkan data untuk meningkatkan pengenalan dan memperluas jumlah kata-kata yang dapat dideteksi AlterEgo.

Tapi, sudah dapat digunakan untuk mengontrol antarmuka pengguna dasar seperti sistem streaming Roku, memindahkan dan memilih konten, dapat mengenali angka, bermain catur dan melakukan tugas-tugas dasar lainnya. (aja)



Terpopuler