{{ message }}

Alkohol, Diminum Sedikit Tetap Berisiko bagi Kesehatan

Jum'at, 13 April 2018 - 09:06:02 AM | 214 | Sex & Kesehatan

Alkohol, Diminum Sedikit Tetap Berisiko bagi Kesehatan

 

INILAMPUNG.COM - Pepatah yang mengatakan bahwa minum alkohol seperti anggur dan bir dalam jumlah sedikit baik bagi badan, ternyata salah kaprah. Hasil studi terbaru menyebutkan minum dalam jumlah rendah juga membawa risiko kesehatan signifikan.

Dikutip dari Independent, Jumat (13/4/2018), studi melacak kebiasaan 600.000 peminum di 19 negara. Peneliti menyerukan pengurangan global alkohol dan meminta para dokter memberi kesadaran bahwa minum dalam "batas aman" juga berisiko.

Penelitian dipublikasikan dalam jurnal medis The Lancet, Kamis (12/4/2018). Menemukan bukti orang yang minum dalam jumlah sedang memiliki tingkat serangan jantung non-fatal 20 persen lebih rendah.


"Tapi, ini harus diimbangi dengan risiko lebih tinggi terkait penyakit serius dan berpotensi fatal," kata peneliti Dr Angela Wood dari Universitas Cambridge.

Dr Wood mengatakan, minum alkohol pada tingkat apa pun akan berisiko terkena stroke lebih tinggi, gagal jantung, penyakit hipertensi fatal (tekanan darah tinggi), dan aneurisma fatal.

Risiko terkena penyakit itu akan meningkat jika jumlah alkohol yang diminum di atas ambang batas, yakni lima minuman dalam seminggu.

"Pesan utama dari penelitian ini adalah bahwa, jika Anda sudah minum alkohol, meskipun minum lebih sedikit tetap berisiko," kata Dr Wood.

Tim Chico, profesor kedokteran kardiovaskular di Universitas Sheffield, mengatakan, studi ini menjelaskan bahwa tidak ada manfaat kesehatan dari minum alkohol. (aja)



Terpopuler