{{ message }}

Robot Berkekuatan 500 Orang Hadir Mulai Tahun 2068

Selasa, 13 Maret 2018 - 10:56:04 AM | 718 | Pendidikan

Robot Berkekuatan 500 Orang Hadir Mulai Tahun 2068
Robot yang sedang dikembangkan (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.COM - Robot akan menjadi "layanan darurat keempat" di Inggris dalam waktu 50 tahun ke depan, dan diandalkan saat kondisi kritis. Pakar teknologi terkemuka di negara tersebut mengatakan, tahun 2068 ratusan droid manusiawi otonom akan bersiaga sepanjang waktu membantu situasi berbahaya yang tak bisa ditangani manusia.

Satu robot berkekuatan 500 orang, daya tahan tak terbatas, dan kemampuan bekerja di suhu di bawah nol. Mereka akan melakukan misi pencarian dan penyelamatan dan bertugas praktis lainnya yang tidak dapat dilakukan oleh orang atau mesin yang ada.

Mereka bahkan akan melakukan pertolongan pertama di tepi jalan, mengangkut orang-orang yang terluka ke rumah sakit dan bisa memberikan kata-kata menghibur seperti manusia.


Menurut Mark Shore, pakar teknologi, dikutip dari Mirror, Selasa (13/3/2018), robot itu juga akan membantu dan melengkapi layanan polisi dan pemadam kebakaran dan ambulans. Bahkan mendukung angkatan Bersenjata dalam kapasitas non-militer di masa darurat nasional atau zona bencana.

Para ilmuwan telah menciptakan mesin manusia yang bisa mengangkat 1.000 kali berat badan mereka berkat terobosan robotika, AI dan pengembangan otot sintetis.

Tapi dalam waktu setengah abad, kebutuhan droid 'pintar' untuk membantu saat bencana mendorong inovasi dan mengarah pada penciptaan cyborg - makhluk dengan bagian tubuh organik dan biomechatronik, kata Shore.

Mesin seperti terminator ini akan menyelamatkan ribuan nyawa setiap tahun sekaligus melindungi manusia dari lingkungan yang paling serius dan mengancam jiwa.

Shore telah mengerjakan proyek inovasi dengan perusahaan seperti Samsung, GE, Philips, dan Electrolux. Ia mengatakan, robot akan memainkan peran penting menyelamatkan jiwa manusia yang membutuhkan.

Mereka memiliki kulit tahan api dan menyerupai manusia. Dan tidak seperti mesin yang ada, robot masa depan akan mengubah gerakan kinetik menjadi listrik, sehingga memberi jangkauan dan daya tahan tak terbatas tanpa kehilangan tenaga. (aja)



Terpopuler