{{ message }}

Pemerintah Tolak Pemekaran Daerah di Lampung

Selasa, 13 Maret 2018 - 08:32:04 AM | 414 | Politik

Pemerintah Tolak Pemekaran Daerah di Lampung

 

INILAMPUNG.COM - Usulan pemekaran Kabupaten Lampung Tengah menjadi tiga wilayah diajukan kepada pemerintah pusat sejak tahun 2016. Usulan itu kemungkinan tak akan terwujud dalam waktu dekat.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan, moratorium pemekaran daerah tetap berlaku karena pemerintah sedang fokus menggalakan infrastruktur. Pemekaran dikhawatirkan menghambat fokus tersebut.

Pemekaran juga, kata Tjahjo, di Yogyakarta, Selasa (13/3/2018), akan membuat arus investasi yang masuk tidak bisa fokus.

"Yang (mengajukan jadi) provinsi saja ada Provinsi Sumbawa, Nias, Kepulauan Buton, Tapanuli selatan, di Lampung dan Papua juga ada. Untuk kabupaten dan kota ada 314 daerah yang mengajukan," katanya, dalam acara Konsolidasi Perencanaan dan Pelaksanaan Penanaman Modal Nasional.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, pemekaran daerah dikhawatirkan menyebabkan fragmentasi sehingga investasi terpecah menjadi kecil-kecil. Jika itu terjadi berarti negara bakal kehilangan skala ekonomi.

“Kalau pecah akan memicu inefisiensi. Harmonisasi dan integrasi jadi akan lebih susah," katanya.
Sementara itu, usulan pemekaran Kabupaten Lampung Tengah menjadi kabupaten induk dan dua daerah otonomi baru yakni Lampung Seputih Barat dan Lampung Seputih Timur. (aja)

 



Terpopuler