{{ message }}

Olahraga Sepeda Diyakini Tahan Efek Penuaan

Senin, 12 Maret 2018 - 11:00:26 AM | 199 | Olahraga

Olahraga Sepeda Diyakini Tahan Efek Penuaan

 

INILAMPUNG.COM - Bersepeda diyakini dapat menahan efek penuaan dan membuat orang awet muda. Demikian hasil sebuah penelitian baru. Kegiatan mengendarai sepeda secara teratur akan mementahkan asumsi kita menjadi lebih lemah seiring bertambahnya usia.

Studi tersebut membandingkan data pesepeda amatir dengan orang dewasa sehat yang tidak berolahraga secara teratur. Ditemukan mereka yang berolahraga melestarikan banyak bagian kesehatan mereka.

Temuan menunjukkan pesepeda akan mempertahankan massa otot dan kekuatan dengan usia sambil mempertahankan tingkat lemak tubuh dan kolesterol yang stabil. Pada pria, kadar testosteron juga tetap tinggi.

Profesor Janet Lord, Direktur Institut Peradangan dan Penuaan Universitas Birmingham, mengatakan, Hippocrates pada tahun 400 SM mengatakan olahraga adalah obat terbaik manusia, Namun, pesannya hilang seiring berjalannya waktu.

"Yang penting dari temuan kami menghilangkan asumsi bahwa penuaan secara otomatis membuat kita lebih lemah. Penelitian kami memiliki bukti kuat untuk mendorong orang melakukan olahraga teratur sepanjang hidup. Ini adalah solusi tepat untuk masalah yang kita jalani lebih lama namun tidak sehat," katanya, dikutip dari jurnal Aging Cell, Senin (12/3/2018).

Pengendara sepeda pria yang mengambil bagian dalam penelitian ini harus bisa bersepeda 100 km di bawah 6,5 jam. Sementara wanita harus menempuh jarak 60 km dalam waktu 5,5 jam.

Kelompok non-latihan terdiri 75 orang sehat berusia 57 sampai 80 tahun, dan 55 orang dewasa muda berusia 20 sampai 36 tahun. (aja)



Terpopuler