{{ message }}

Dua Pantai di Indonesia Paling Ramah Lingkungan

Senin, 12 Maret 2018 - 12:10:26 PM | 198 | Travelling

Dua Pantai di Indonesia Paling Ramah Lingkungan

 

INILAMPUNG.COM - Indonesia, salah satu negara di Asia Tenggara, dikenal memiliki beberapa pantai terindah di dunia. Di tempat itu ada pasir keemasan, perairan sejernih kristal, dan kehidupan tanaman hijau subur. Tak heran negara ini menarik jutaan wisatawan tiap tahunnya.

Tapi, kerap popularitasnya harus dibayar dengan harga tinggi, dengan kepadatan penduduk berlebihan, kerusakan karang dan limbah menjadi masalah yang makin umum bagi kawasan pesisir di kawasan ini.

Di Thailand pejabatnya untuk sementara menutup pantai Maya yang populer karena kerusakan lingkungan. Ini adalah pantai Thailand kedua yang ditutup karena alasan ini dalam waktu kurang dari dua tahun.

Situs ternama The Independent, Senin (12/3/2018), mereview 10 pantai ramah lingkungan yang ditemukan di pantai Asia Tenggara. Dua di antaranya dari Indonesia.

1. Pantai Gili Air, Kepulauan Gili, NTB

Perlu waktu dua jam menggunakan perahu dari pulau Bali ke Gili Air. Pulau ini terletak di Samudra Hindia, tepatnya di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Transportasi bermotor dilarang di Gili Air, jadi wisatawan hanya bisa berkeliling dengan berjalan kaki, bersepeda atau kereta kuda, sehingga menjadikannya lokasi sempurna untuk berkeliling berjam-jam tanpa gangguan.

Ada tiga nama Gili di tempat itu, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, tapi semuanya sama-sama dikelilingi pantai pasir putih, laut jernih dan pemandangan luar biasa.

2. Pantai Pulau Kepayang, Belitung

Rumah bagi tempat perlindungan ekoresor dan penyu, environmentalisme adalah sesuatu yang dibutuhkan pulau ini dengan serius, yang merupakan kabar baik bagi pantainya.

Terumbu karang yang keras dan lunak dapat dieksplorasi dari tepinya. Batu-batu ikonik dan deretan pohon kelapa juga memberi nuansa Pulau Kepayang banyak karakternya. Pulau ini hanya memiliki luas 14 hektare, tapi memiliki gugusan pantai eksotis. (aja)



Terpopuler