{{ message }}

Berat Badan Bertambah, Sejumlah Risiko Mengintai

Selasa, 13 Maret 2018 - 05:40:22 AM | 297 | Sex & Kesehatan

Berat Badan Bertambah, Sejumlah Risiko Mengintai

 

INILAMPUNG.COM - Beberapa penelitian terbaru mengungkapkan kerugian akibat berat badan berlebih. Ada beberapa cara untuk menjelaskan mengapa kelebihan berat badan dapat menyebabkan kesehatan menjadi buruk. Dan itu langsung menuju ke jantung masalah, sel Anda yang sebenarnya.

Beberapa kilogram dapat memengaruhi sistem kardiovaskular dan meningkatkan risiko gagal jantung karena menyebabkan pembengkakan otot jantung. Hal ini juga dapat memicu peradangan sel berbahaya terkait resistensi insulin.

Dikutip dari Jurnal Cell Systems, Selasa (13/3/2018), tim peneliti dipimpin Michael Snyder, profesor genetika Universitas Stanford, mencoba memahami apa yang terjadi ketika seseorang bertambah berat badannya dan risiko-risiko yang menyertainya.


"Saya tidak berpikir tahu dengan detail molekuler yang luar biasa terjadi ketika orang bertambah berat badan atau kehilangannya," katanya.

Dia dan rekan-rekannya meminta 23 orang mulai makan berkalori tinggi namun tidak intrinsik dan tidak sehat.

Setelah 30 hari, peneliti mengukur berat badan mereka, dan meningkat sekitar 6 pound per orang. Pada saat yang sama, mereka mengukur penanda jaringan kesehatan di seluruh tubuh mereka.

Prof Snyder terkejut dengan perubahan tersebut. Sejumlah besar perubahan terjadi, hanya dengan jenis berat yang mungkin didapatkan selama liburan. Perubahan besar melibatkan peradangan dan jantung.

Bagian kedua dari percobaan ini, bagaimanapun sangat menggembirakan. Setelah meletakkan beban, para sukarelawan ditempatkan pada makanan dan diberi bantuan untuk menghilangannya. Ketika mereka melakukannya, hampir semua perubahan yang merusak kembali normal.

Prof Snyder percaya bahwa hasilnya memberi harapan bagi orang-orang yang ingin mengubah kesehatan mereka. Tapi dia menekankan risiko makan berlebih dengan menunjukkan berapa kenaikan berat badan relatif moderat dalam waktu singkat dapat dilakukan.

"Jika orang memiliki gagasan lebih baik efek kenaikan berat badan terhadap tubuh mereka, itu bisa meningkatkan kesadaran. Anda memiliki efek dramatis pada jantung dan sistem kekebalan tubuh," katanya. (aja)



Terpopuler