{{ message }}

Beberapa Modus Pencurian Uang di Internet

Minggu, 11 Maret 2018 - 10:08:03 AM | 217 | Hukum

Beberapa Modus Pencurian Uang di Internet

 

INILAMPUNG.COM - Para penipu di internet bisa meraup uang ratusan ribu sampai miliaran rupiah saat beraksi. Berbagai modus digunakan mulai konvensional sampai canggih. Berikut beberapa modus penipuan tersebut:

Vishing

Penipu biasanya menelepon Anda dan berpura-pura berasal dari bank tempat Anda menyimpan uang atau biasa digunakan untuk transaksi. Penipu bisa juga meniru identitas petugas seperti seorang polisi.

Anda akan diberitahu bahwa akun Anda diretas dan perlu mentransfer uang Anda ke akun baru. Jika Anda menyetujui permintaan itu maka malapetakan yang akan terjadi.

Smishing

Metode penipuan ini menargetkan perbankan online. Penipu menggunakan sedikit teknologi murah dengan meniru identitas bank Anda. Setelah berhasil membuat situs palsu, seperti biasa Anda diminta mengisi password atau kode perbankan online Anda. Inilah yang akan dijadikan mereka mengakses akun Anda.

Kurir Fraud

Kecurangan semacam ini seperti vishing. Hanya saja, si penipu mengatakan akan mengirim kurir untuk mengumpulkan kartu bank Anda setelah mendapatkan rincian informasi Anda. Kurir tersebut memang datang ke rumah konsumennya, tapi tentunya bukan kurir resmi.

Bisnis Jasa Hukum

Ditujukan menangani transaksi besar atau pembayaran hipotek atau bisnis.

Untuk mengingatkan Anda, perlu diingat peraturan dasar emas bahwa tidak ada bank yang akan meminta Anda menyerahkan kata kunci atau detil pribadi Anda. Mereka juga tidak akan pernah meminta Anda untuk mentransfer uang.

Jadi, skeptislah jika menemukan kasus seperti itu. Pikirkan sebelum Anda mengklik atau menyetujui permintaan aneh demikian. (aja)



Terpopuler