{{ message }}

Yokie Suryo `Goodbless` Meninggal Dunia

Senin, 5 Februari 2018 - 09:49:34 AM | 398 | Seni & Budaya

Yokie Suryo `Goodbless` Meninggal Dunia
Yockie Suryo Prayogo. (inilampung.com/goodblessrocks).

INILAMPUNG.COM - Dunia musik nasional berkabung. Pada Senin (5/2/2018) pagi, musisi Yockie Suryo Prayogo meninggal dunia di RSPI Bintaro. Jenazah almarhum rencananya dimakamkan siang ini di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat

Kabar duka itu dikonfirmasi akun resmi God Bless, @goodblessrocks pagi ini. “Innalililahi wa innaillaihi rojiun, telah berpulang sahabat kami, salah satu musisi terbaik Indonesia, Yockie Suryo Prayogo pagi ini, 5 Februari 2017 pukul 07.35 WIB di RSPI Bintaro,” demikian ungkapan duka cita God Bless melalui akun Instagram-nya.

Pria kelahiran 14 September 1954, ini dikenal sebagai musisi handal yang malang melintang di dunia musik Indonesia. Yockie Suryo Prayogo pernah bergabung dengan berbagai grup rokc, Robinson, Double O, Giant Step, Contrapunk, dan Jaguar. Namun masyarakat lebih mengenalnya sejak dia bergabung dengan kelompok musik rock God Bless.


Dikutip dari wikipedia, kepiawaiannya dalam bermusik yang berbeda --dari rock, sedikit klasik, sedikit jazz, pop, hingga etnik --, menjadikan Jockie mampu menembus ke ruang dan dimensi apa pun tanpa harus memupuskan jati dirinya. Jockie mampu berbaur dalam genre musik apa pun tanpa menghilangkan karakternya dalam bermusik.

Jokie bergabung dengan God Bless pada 1972. Corak permainan kibornya dianggap memberikan kontribusi dalam karakter musik God Bless. Dengan menyisipkan aksentuasi berbau klasik, terutama membaurkan bunyi-bunyian piano dan Hammond B-3, orang sudah bisa menebak karakter God Bless. Walaupun pada saat itu seperti lazimnya semua grup rock di Indonesia lebih banyak memainkan repertoar grup-grup mancanegara seperti Deep Purple, Yes, Edgar Winter, Spooky Tooth, Kansas dan banyak lagi.

Posisi Jockie di God Bless sempat digantikan Abadi Soesman dalam album Cermin dan bergabung kembali dalam penggarapan album Semut Hitam yang dirilis pada tahun 1988. (ilc-1).

 



Terpopuler