{{ message }}

Polusi Udara, Masalah Paling Serius Sulit Dicari Solusinya

Kamis, 8 Februari 2018 - 08:07:17 AM | 386 | Sex & Kesehatan

Polusi Udara, Masalah Paling Serius Sulit Dicari Solusinya

 

INILAMPUNG.Com - Polusi udara kini menjadi keprihatinan global yang serius. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan lebih dari 5,5 juta kematian akibat polusi udara tiap tahunnya.

Masalah ini digambarkan sebagai ancaman serius bagi populasi dunia dibandingkan kombinasi malaria dan penyakit menurunnya kekebalan tubuh (HIV).

Beberapa ilmuwan dunia di antaranya menyarankan solusi radikal. Di Inggris, Badan Eropa menyatakan tingkat nitrogen dioksida beracun dicap ilegal dan mengancam nyawa.


Dikutip dari Mail Online, Kamis (8/2/2018), Profesor Kian Fan Chung, spesialis pernafasan di Imperial College London, mengatakan, informasi terbaru menunjukkan polusi mengakibatkan efek pada otak, bayi dengan berat lahir rendah, risiko kanker meningkat, dan lainnya.

Pada tingkat polusi tertentu, orang normal mengalami gejala seperti batuk dan sesak napas, dengan risiko infeksi dada meningkat.

Oliver Hayes, juru kampanye udara bersih di Friends of the Earth, mengatakan, frekuensi dan tingkat keparahan polusi menunjukkan bahwa masih harus menempuh perjalanan panjang untuk membersihkan udara.

"Wilayah paling tercemar ada di China dan India juga di beberapa belahan dunia lainnya," kata Chung.

China menempati peringkat negara paling mematikan di dunia karena polusi udara luar ruangan. Satu studi menghitung 1,6 juta orang meninggal akibat terpapar udara kotor tiap tahun.

Menanam lebih banyak pohon dengan harapan menyerap bahan kimia dan melindungi pejalan kaki dari serangan udara, jadi perdebatan.

Pedoman yang dikeluarkan tahun lalu oleh National Institute for Health and Care Excellence (Nice) menyatakan bahwa daun dan cabang memperlambat arus udara, menyebabkan polutan menetap. (aja)



Terpopuler