{{ message }}

Lampung Bangun Perpustakaan Modern

Sabtu, 10 Februari 2018 - 10:57:25 AM | 354 | Pendidikan

Lampung Bangun Perpustakaan Modern
Plt Sekda Lampung Hamartoni Ahadits memulai pembangunan Perpustakaan Modern di Lampung. (inilampung.com/ist).

INILAMPUNG.COM - Pemerintah Provinsi Lampung memulai pembangunan Perpustakaan Modern di bekas Kantor Dinas Peternakan Provonsi di Jln Zainal Abidin Pagaralam.

Peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan itu dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Provinsi Lampung Hamartono Alhadist --mewakili Gubernur M. Ridho Ficardo, Sabtu (10/2) sore.

Disaksikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Herlina Warganegara dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Air Edarwan.


Hamartoni mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan digagas 2012 dengan dana APBN sekitar Rp100 miliar. Namun dilakukan revisi dan pendanaan dari APBN dibatalkan.

Kendati demikian, Pemerintah Provinsi Lampung tetap melanjutkan pembangunan perpustakaan dengan menggunakan dana APBD 2018. "Pemerintah pusat mengapresiasi Pemerintah Provinsi Lampung yang tetap melanjutkan pembangunan perpustakaan ini," kata Hamartoni.

Perpustakaan akan dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektare di bekas Kantor Dinas Peternakan Provinsi Lampung. Perpustaan ini tidak hanya menyediakan buku dan ruang baca, tetapi dilengkapi fasilitas rekreasi dan ruang rapat.

"Insya Allah pembangunan perpuatakaan modern akan selesai pada akhir 2019. Kita mengharapkan dengan ada perpustakan modern dapat menarik minat pengunjung dan membangkitkan minat baca masyarakat Lampung," katanya.

Sementara Edarwan mengatakan, pembangunan perpustakaan modern ini diperkirakan menghabiskan biaya Rp70 miliar yang dilakukan dua tahap. Pertama, Rp27 Miliar pada anggaran 2018, dan tahap kedua sebesar Rp43 miliar.

Gedung perpustakaan dibangun lima lantai yang terdiri dari gedung utama, gedung bunderan tengah, gedung sayap kanan dan gedung sayap kiri.

Gedung utama terdiri dari lantai 1 ada lobby, ruang informas/e-library, lantai 2 ruang baca utama, e-library, lantai 3 ruang baca utama dan ruang deposit, lantai 4 kantor Dinas Perpustakaan dan lantai 5 roof garden.

Sedangkan gedung bundar tengah terdiri dari lantai 1 lobby water wall, ruang informasi, lantai 2 kolam ikan dan ruang baca terbuka, lantai 3 roof garden outdoor roof.

Sementara gedung sayap kanan Lantai 1 terdiri dari ruang baca rekreatif, business area, taman eksterior yang modern pada malam hari serta memakai konsep green building yang ramah lingkungan dan ruang terbuka hijau. Kemudian Lantai 2 dibangun ruang meeting dan ruang seminar, jelasnya.

Selaini tu, gedung sayap kiri lantai 1 diorama, pusat peraga IPTEK, ruang baca dan bermain anak, ruang baca lansia dan difabel. Lantai 2 ruang audio visual (bioskop).  (ilc-3)



Terpopuler