{{ message }}

Kota Sediakan Ruang Pejalan Kaki Bikin Jantung Warganya Sehat

Selasa, 6 Februari 2018 - 12:15:18 PM | 160 | Sex & Kesehatan

Kota Sediakan Ruang Pejalan Kaki Bikin Jantung Warganya Sehat
Ruang bagi pejalan kaki di Bandarlampung (inilampung.com/m.zain)

INILAMPUNG.Com - Sebuah studi terbesar mengungkapkan bahwa kota yang menyediakan ruang peralan kaki berpengaruh terhadap kesehatan jantung dan darah warganya. Studi melibatkan sekitar 430.000 orang berusia 38 dan 73 dan tinggal di 22 kota di Inggris.

Studi menemukan hubungan signifikan peningkatan kemampuan lingkungan, tekanan darah rendah, dan penurunan risiko hipertensi penduduknya. Hipertensi merupakan faktor risiko utama penyakit kronis, terutama penyakit kardiovaskular.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (6/2/2018), makalah itu dipublikasikan di International Journal of Hygiene and Environmental Health minggu ini.


Periset Universitas Hong Kong dan Universitas Oxford mengatakan, temuan tersebut menunjukkan perlunya intervensi kesehatan masyarakat untuk menentukan faktor desain perkotaan.

"Dengan meningkatnya laju urbanisasi dan pergeseran demografis populasi, kita menjadi lebih rentan terhadap penyakit kronis," kata Dr Chinmoy Sarkar, asisten profesor Universitas Hong Kong.

"Intervensi kesehatan masyarakat harus mempertimbangkan nilai tak berwujud perencanaan dan perancangan kota. Kami menghabiskan miliaran dolar untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit kardiovaskular. Jka kita dapat berinvestasi menciptakan kota-kota sehat melalui retrofit kecil mungkin kita akan memiliki signifikan penghematan pengeluaran kesehatan di masa depan."

Untuk mengukur potensi pengembangan aktivitas di lingkungan, para periset mengembangkan indeks komposit ruang berjalan kaki terdiri metrik perkotaan yang relevan. Termasuk kerapatan perumahan dan ritel, transportasi umum, pergerakan tingkat jalanan, dan kedekatan dengan tujuan yang menarik.

Ruang yang dirancang dengan buruk pada umumnya menghambat aktivitas berjalan dan fisik, mempromosikan gaya hidup tidak banyak bergerak, dan merugikan interaksi sosial.

Sarkar mengatakan, kota bisa dimodifikasi atau didesain untuk membuat ruang berjalan kaki.

Di Inggris. lebih dari 7 juta orang diperkirakan terkena penyakit kardiovaskular, menyumbang hampir 160.000 kematian per tahun dan 19 miliar poundsterling biaya kesehatan.

Ia mengatakan, perancangan kota perlu mempromosikan gaya hidup aktif bagi kesehatan penduduk perkotaan dan mendesak pemerintah merancang kota secara baik sehingga menjadi kota sehat. (aja)



Terpopuler