{{ message }}

Gempa Runtuhkan Ratusan Rumah Warga Lebak

Selasa, 23 Januari 2018 - 06:24:28 AM | 276 | Properti

Gempa Runtuhkan Ratusan Rumah Warga Lebak
Gempa berkekuatan 6,1 SR hancurkan ratusan rumah di Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (23/1/2018). (inilampung.com/ist)

INILAMPUNG.Com - Gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter di Kabupaten, Lebak, Banten, Selasa, 23 Januari 2018, pukul 13.34 WIB, mengakibatkan sejumlah rumah warga hancur, sebagian lagi retak-retak dan rusak ringan.

Hingga kini belum ada laporan korban dalam kejadian tersebut. Namun, gempa mengakibatkan kepanikan warga Kabupaten Lebak. Aktivitas di kantor pemerintahan, sekolah, dan warga biasa pun dihentikan.

Sejumlah sekolah di kota Rangkasbitung langsung menghentikan aktivitas belajar siswanya. Sebelumnya, para siswa panik dan berhamburan keluar sekolah karena takut tertimpa bangunan.


Hal sama terjadi di rumah warga dan kantor pemerintahan maupun swasta. "Rasanya seperti kiamat, saya langsung pulang ke rumah karena takut. Getaran gempa demikian kuat, bangunan pun bergoyang seakan mau roboh," kata Muthia, 16 tahun, pelajar SMAN 3 Rangkasbitung.

Instansi berwenang Pemerintah Kabupaten Lebak, melaporkan, masih mencari korban. Sedangkan rumah yang rusak ada 116 unit. Pendataan masih berlangsung sehingga kemungkinan jumlahnya bertambah.

"Kami memerkirakan jumlah kerusakan rumah bisa bertambah," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kaprawi, Selasa (23/1/2018).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, lokasi gempa terletak di koordinat 7,21 Lintang Selatan dan 105,91 Bujur Timur. Tepatnya di 81 kilometer arah barat Lebak. (aja)



Terpopuler