{{ message }}

Antusiasme dan Kebangkitan Kota dari Teater (3)

Selasa, 5 Desember 2017 - 04:51:58 AM | 154 | Seni & Budaya

Antusiasme dan Kebangkitan Kota dari Teater (3)

 

INILAMPUNG.COM- Fritz Anton Kasim yang kala itu masih anak-anak, seusai main bola di lapangan merdeka yang kini jadi Taman Kota Metro, sering mandi dengan langsung nyemplung ke sumur yang berdiameter 2 meter setengah itu. "Sumur bersejarah yang kini tak dianggap penting," demikian diucapkan Rahmatul Ummah, penulis lakon Putri Sumur Bandung, dalam sambutannya, Sabtu, 2 Desember 2017 malam.

Sumur Putri itu juga sebenarnya mata air, semacam sendang atau belik, tak pernah kering meski kemarau panjang. Selama rentang riset penulisan dan mengumpulkan data, Rahmatul Ummah mewawancarai banyak para tetua yang tinggal di Kota Metro. Warga, khususnya orang-orang yang kini sudah sepuh mengakui misteri dan angkernya sumur itu di malam hari.

Pada malam-malam tertentu, sering terdengar suara-suara perempuan yang mandi cekikikan. Mereka meyakini, rombongan bidadari yang sedang mandi. Legenda Nawang Wulan seakan hidup dan mendapat tempat di area Sumur Putri. Semua itu berdasar pengakuan para pinisepuh yang masih merasakan susahnya zaman awal-awal kemerdekaan, dan dimana Kota Metro masih menjadi bagian dari Kabupaten Lampung Tengah. Ada Mbah Riri, Mbah Martini, Mbah Rusman yang sekarang usianya lebih 80 tahun.


Beberapa anak muda, bahkan aktris dan aktor yang ikut memainkan teater yang bisa disebut "drama musikal" juga itu, bahkan tak mengerti apa itu Sumur Putri.

Diketahui, pementasan lakon Putri Sumur Bandung itu melibatkan 40 aktor dan aktris yang terdiri dari gabungan anak muda, pelajar SMA, serta mahasiswa dari semua kampus di Kota Metro.

"Berlatih selama dua bulan, membagi adegan lewat beberapa kelompok, lalu intensif menyatukan semua babak sekitar 10 harian," terang Andika Gundoel Septian, sutradara Putri Sumur Bandung.

Di medsos terutama instagram, mencari tagar Putri Sumur Bandung, menemukan beberapa cuplikan video dan foto-foto yang disebut akun Jerry Joel. "Lelah mereka terbayar lunas. Kurang lebih 4 bulan kolaborasi isi kepala Rahmatul Ummah (penulis drama) dan Andika Gundoel (sutradara) terselenggara dengan durasi satu jam."

Jerry juga menyebut. "Haru sekaligus bangga, melihat seluruh komunitas bahu membahu menyingkirkan ego demi satu tujuan, untuk Kota Metro tercinta."

Senada, akun Kiyai Robbie menulis. "Perhelatan acara yang luar biasa. Antusias penonton seperti lautan manusia terhampar, berdecak mengapresiasi drama Putri Sumur Bandung, 500 tiket juga soldout."

Admin akun Metro Bergeliat bahkan mengaku mbrebes mili, terharu, bangga, dan bahagia melihat performance teman-teman SeniOne. Akun komunitas yang paling hit dan sedang naik daun di Kota Metro itu juga membagikan cuplikan video dari penampilan teater Putri Sumur Bandung. (ilc/enk)



Terpopuler