{{ message }}

Tak Ada Calon Independen di Pilkada Tanggamus

Senin, 27 Nopember 2017 - 09:04:46 AM | 427 | Pilkada

Tak Ada Calon Independen di Pilkada Tanggamus
Ilustrasi. (ist)

INILAMPUNG.Com - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tanggamus yang berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang dipastikan tanpa calon independen.

Kepastian itu diketahui setelah hingga tiga hari masa pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dari jalur independen yang berkahir pada Senin, (27/11) hingga pukul 16.00 WIB, tak ada satu pun tokoh yang mendaftarkan diri.

"Pembukaan masa dukungan dibuka tiap hari sejak pukul 8.00 WIB sampai 16.00 WIB, kecuali hari terakhir sampai pukul 24.00 WIB. Dan di hari ketiga tidak ada yang datang," ujar Anggota KPU Tanggamus, Angga Lazuardi, Senin (27/11/2017).

Dikatakan, Angga, untuk mendaftar menjadi Balon Bupati nonpartai di pilkada Tanggamus, balon disyaratkan menyerahkan dukungan minimal 39.017 orang yang telah memiliki hak pilih, dengan dibuktikan adanya fotokopi KTP atau surat keterangan kependudukan dari Disdukcapil Tanggamus.

Disamping itu dukungan tersebut harus menyebar minimal di 11 kecamatan dari 20 kecamatan se Tanggamus.

Setelah memiliki dukungan yang telah ditentukan sambung Angga, berkas dukungan calon perseorangan harus diunggah ke dalam sistem informasi pencalonan (silon) yang disesuaikan dengan fotokopi KTP atau surat keterangan kependudukan.

Selain itu ada bukti fisik berkas lampirannya, dan ada softcopy yang sudah terprogram dalam aplikasi Exel. Syarat-syarat tersebut wajib diserahkan atau dilengkapi maksimal Rabu, (29/11)

"Untuk mengunggah Silon, KPU Tanggamus bisa memfasilitasi untuk jaringan internetnya, karena sesuai aturan itu dibolehkan. Unggahan data dukungan ditujukan ke KPU RI, ini sebagai transparansi. Sehingga saat di suatu daerah ada balon perseorangan menyerahkan bukti dukungan, KPU pusat langsung tahu, dan disinkronkan dengan data Kemendagri bidang kependudukan," jelasnya.

Disamping itu masih kata Angga, ada juga persyaratan mengikat bagi balon, diantaranya jika maju dari jalur independen tidak bisa lagi diusung partai politik.

Hal itu, lanjut Angga, disimpulkan dari Pasal 34 dari Peraturan KPU. Bakal calon yang sudah ikuti proses administrasi tidak dapat diajukan oleh partai politik. Sebab pada 25 November sampai 8 Desember verifikasi dukungan dilakukan. Maka sejak balon independen serahkan dukungan, maka akan langsung dilakukan verifikasi dukungan.

Sementara itu, Ketua KPU Tanggamus Otto Yuri Saputra, mengimbau kepada pihak yang akan maju dari jalur perseroan, supaya secepatnya menyerahkan berkas dukungan. Sebab syarat dukungan akan dicek sebelum KPU menerima dukungan tersebut.

"Kalau bisa jangan dekati waktu akhir sebab kami juga harus cek dahulu," ujarnya.

Namun jika tetap ada balon yang baru serahkan dukungan di akhir batas waktu , KPU Tanggamus tetap menerinya. KPU sudah menyiapkan segala keperluan pengecekan, agar dengan waktu yang tersisa balon perseorangan dapat dinyatakan diterima syarat dukungannya.(Odo/ilc-2)



Terpopuler