{{ message }}

KPU Tanggamus Temukan Dugaan Pelanggaran Parpol

Selasa, 28 Nopember 2017 - 07:52:00 AM | 1247 | Pilkada

KPU Tanggamus Temukan Dugaan Pelanggaran Parpol
Komisioner KPU Tanggamus, Antoniyus. (ist)

INILAMPUNG.Com: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tanggamus menemukan dugaan pelanggaran yang dilakukan partai politik (parpol) dalam mengumpulkan syarat dukungan masyarakat.

Komisioner KPU Tanggamus, Antoniyus mengatakan, dugaan pelanggaran parpol itu ditemukan komisioner KPU saat melakukan verifikasi dukungan ganda dari masyarakat terhadap parpol pendaftar Pemilu 2019.

Oleh karena, lanjut Antoniyus, untuk memastikan kebenaran, KPU akan melakukan verifikasi faktual yang dilakukan pada 15 Desember 2017 hingga 4 Januari 2018 mendatang.

Untuk itu, Antoniyus mengingatkan semua parpol yang akan diverifikasi faktual untuk kembali meneliti daftar nama keanggotaannya, sesuai dengan KTP masing masing pengurus, serta yang bersangkutan juga wajib tahu, jika yang bersangkutan menjadi pengurus parpol.

"KPU saat ini mengingatkan, bagi pengurus parpol untuk cek ulang anggota kepengurusannya, jangan sampai ada yang menjadi pengurus ganda, contoh nama A, menjadi pengurus Parpol 1, tapi nyatanya si A ini juga tercatat sebagai pengurus parpol 2, dengan dibuktikan adanya copi KTP di kedua parpol tersebut. Jika nanti ditemukan, maka terpaksa parpol itu gugur dan dinyatakan tidak memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu." tegas Antoniyus, yang didampingi Komisioner lainnya Hayesta. F Imanda, Selasa (28/11).

Antoniyus juga menambahkan, jika saat mengumpulkan bukti dukungan pengurus dalam seleksi berkas sebelumnya, partai politik wajib melampirkan nama dan alamat (By name by adress) dari seluruh anggota pengurus, minimal sebanyak 640 orang dengan bukti copi KTP mereka.

"Saat mengumpulkan berkas dan seleksi administrasi sebelumnya, lebih dari 640 orang pengurus di catat dalam kepengurusan Parpol, tapi disitu kita belum kroscek secara detail, ada yang doble atau tidak antara pengurus parpol yang satu dan yang lainnya, nah saat verifikasi faktual nanti baru bisa terlihat. Jika ternyata pemilik copi KTP itu tidak merasa mendukung, bahkan tidak merasa menjadi pengurus, maka parpol itu bisa tidak lolos menjadi peserta pemilu." ungkapnya.

Namun saat didesak parpol mana saja yang keanggotaannya ganda, Antoniyus maupun Hayesta selaku Komisioner KPU Tanggamus enggan membeberkannya.

Diketahui sebelumnya, ada 16 partai politik yang dinyatakan lengkap dalam proses verifikasi pemberkasan, dimana terdapat 12 parpol lama dan empat parpol baru, yakni PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, PKB, PKS, NasDem, PAN, PPP, Gerindra, Hanura, Partai Bulan Bintang dan PKPI, sementara untuk parpol baru yakni Perindo, PSI, PIKA, dan Garuda.(Odo/ilc-2)

 



Terpopuler